Jakarta (ANTARA) - Ajang balap motor World Superbike (WSBK) menyambut Sirkuit Cremona di Italia pada kalender musim 2024 dengan menjadi tuan rumah untuk putaran ke-10 tahun depan.

"WSBK dengan bangga memperkenalkan Sirkuit Cremona dalam rangkaian Kejuaraan Dunia 2024. Penambahan Cremona ke kalender kami menandai tonggak sejarah yang signifikan dan kami berkomitmen penuh untuk memberikan pengalaman balap berkualitas tinggi kepada para penggemar," kata Direktur Eksekutif WSBK Gregorio Lavilla dalam keterangan resmi, Kamis.

Sirkuit Cremona akan membawa tiga seri balapan, yakni WSBK, World Supersport (WSSP), dan FIM Women's Motorcycling World Championship selama lima musim, yakni dari musim 2024 hingga 2028.

"Kontrak berdurasi lima tahun ini merupakan bukti nyata atas dedikasi kami yang tak tergoyahkan seiring dengan upaya kami untuk membawa tempat ini ke kancah global," ujarnya menambahkan.

Terletak tepat di sebelah selatan Milan, Sirkuit Cremona akan menjalani proses homologasi dan secara aktif mempersiapkan WSBK musim mendatang dengan menerapkan beberapa modifikasi dan perbaikan penting.

Adapun beberapa modifikasi yang dilakukan antara lain peningkatan tata letak lintasan, pelapisan ulang berkualitas tinggi untuk trek, perpanjangan panjang lintasan sepanjang 90 meter untuk memperkaya dinamika balap, perluasan fasilitas penonton, dan fasilitas pengarah balap modern.

Baca juga: Sirkuit Mandalika tidak masuk kalender World Superbike musim depan

"Kami sangat senang dan bersemangat menghadapi tantangan besar baru ini. Ini akan menjadi kesempatan untuk mengambil langkah penting untuk berkembang dan dengan kepuasan besar membawa kembali WSBK ke Lombardy yang telah hilang selama 10 tahun," kata CEO Sirkuit Cremona Alessandro Canevarolo.

"Setelah beberapa negosiasi, kami segera bekerja untuk membuat perubahan yang diperlukan untuk menyelenggarakan acara besar ini. Bersama dengan pihak manajemen, tujuannya adalah untuk menciptakan sebuah acara yang dapat menampilkan kawasan, wilayah, dan mewakili Italia dengan segala nilai-nilainya," imbuhnya.

Baca juga: Andrea Iannone bergabung dengan Team GoEleven untuk WSBK 2024
Baca juga: Bautista makin dekat dengan gelar juara dunia usai WSBK Portugal

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023