Presiden Jokowi telah memberikan beberapa arahan dan ini menjadi pekerjaan rumah yang harus dilaksanakan seluruh kepala daerah untuk menunjang kemajuan Indonesia
Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu mengumpulkan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD), sebagai tindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada 30 Oktober 2023.

"Presiden Jokowi telah memberikan beberapa arahan dan ini menjadi pekerjaan rumah yang harus dilaksanakan seluruh kepala daerah untuk menunjang kemajuan Indonesia," kata Suganda Pandapotan Pasaribu usai rapat bersama seluruh kepala OPD Pemprov Kepulauan Babel, Kamis.

Baca juga: Pj Gubernur: Wisudawan IAIN Babel melek teknologi hadapi isu global

Ia mengatakan, beberapa arahan Presiden Jokowi kepada penjabat kepala daerah se-Indonesia pada rapat koordinasi 30 Oktober 2023, diantaranya terkait sektor ekonomi, dan pangan terutama pengendalian inflasi, menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok, dan kesiapan dalam menghadapi fenomena super El Nino.

"Dalam rapat bersama kepala OPD ini, membahas sejumlah hal meliputi, pengendalian inflasi, pengajuan penambahan stok beras hingga mengenai aturan penyaluran gas LPG dan BBM subsidi kepada masyarakat serta penyerapan anggaran," ujarnya.

Menurut dia, terkait pengendalian inflasi, diminta dinas perindustrian dan perdagangan untuk mengawal ketersediaan sejumlah komoditi, khususnya gula merah dan cabai merah, mengingat kedua komoditi tersebut, kerap menjadi pemicu inflasi terutama menjelang hari besar keagamaan.

Baca juga: Panglima Kodam II tinjau kamtibmas Babel

"Koordinasikan dengan Bulog Babel untuk penyediaan stok, pasar murah agar kita dapat mengendalikan harga dan memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus juga mengintensifkan inspeksi pasar, pemberian subsidi transport bahan pokok," katanya.

Ia menyatakan, terkait penyerapan anggaran juga turut menjadi fokus pembahasan, mengingat capaian anggaran masih berada pada posisi 55,54 persen dengan penyerapan tertinggi yakni rumah sakit jiwa sebesar 73,91 persen, dinas perindustrian dan perdagangan 70,98 persen dan dinas kesehatan 70,64 persen.

"Saya harap bagi OPD untuk segera memaksimalkan serapan anggaran hingga akhir tahun, termasuk menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkin, utamanya yang berhubungan pada masyarakat secara langsung," katanya. 

Baca juga: Gubernur Babel: Distribusikan LPG subsidi melalui kantor desa


 

Pewarta: Aprionis
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023