Selain kedua kemampuan tadi, kemampuan personal anda harus ditingkatkan juga, misalnya dengan giat belajar hal baru serta memiliki pegangan yang kuat
Mataram (ANTARA) - Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Mataram (Unram), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sujita, menyebut ada empat kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa menghadapi dunia kerja.

"Empat kemampuan yang saya maksud adalah kemampuan teknis, kemampuan kritis, kemampuan personal, dan kemampuan bersosial," kata Sujita saat membuka acara Kuliah Umum Ketenagakerjaan, Mataram, Kamis.

Sujita menjelaskan kemampuan teknis yang dibutuhkan tersebut adalah kemampuan untuk melakukan pekerjaan baru yang berhubungan dengan teknologi.

Menurut dia, sebagian besar pekerjaan pada masa mendatang akan berbasis pada penggunaan teknologi dalam pengaplikasiannya.

"Kalau dengan teknologi, pekerjaan manusia bisa jadi lebih mudah dengan biaya yang lebih rendah," ujar Sujita. 

Baca juga: Menaker minta mahasiswa perkuat kompetensi hadapi dunia kerja

Kemampuan kedua, kata dia, ialah kemampuan kritis yakni bagaimana mahasiswa mampu menganalisa data maupun masalah beserta pemecahannya secara efektif.

"Selain kedua kemampuan tadi, kemampuan personal anda harus ditingkatkan juga, misalnya dengan giat belajar hal baru serta memiliki pegangan yang kuat," kata Sujita.

Sedangkan kemampuan bersosial, lanjut dia, menyangkut sikap keterbukaan terhadap hal-hal baru serta keterbukaan untuk saling bekerja sama.

"Keterbukaan dalam rangka bekerja sama dengan pihak lain agar relasi mahasiswa ke depan menjadi lebih luas lagi," kata Wakil Rektor Unram itu.

Baca juga: Membantu mahasiswa pahami dunia kerja melalui program magang
Baca juga: Kemendikbud: Program magang tiket emas ke dunia kerja bagi mahasiswa

Pewarta: Riza Fahriza*Magang Unram
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023