Recife (ANTARA News) - Spanyol tak terbendung. Kali ini korbannya Uruguay. Ingin tahu rapor para pemain "La Furia Roja" ketika menang 2-1 atas "La Albiceleste" dalam laga Piala Konfederasi yang digelar di  Arena Pernambuco, Recife, pada Senin dini hari WIB.

Gol Uruguay dicetak oleh Luis Suarez lewat tendangan bebas, sementara gol Spanyol dilesakkan oleh  Pedro dan Roberto Soldado. Berikut rapor masing-masing pemain Spanyol dan Uruguay sebagaimana dikutip dari situs bleacherreport.com.

Rapor pemain Spanyol:

Iker Casillas: 5
Dalam laga melawan Uruguay, praktis penjaga gawang ini selama 85 menit kurang menghadapi batu ujian berarti dari lawan. Lantas, apakah dia mampu sigap menghalau tendangan bebas yang dilepaskan oleh Suarez? Kenyataannya gawang Spanyol jebol juga.

Alvaro Arbeloa: 7
Salah satu dari sedikit pemain Real Madrid di tengah dominasi Barcelona di timnas Spanyol. Penampilannya relatif tenang dengan penempatan posisi yang tepat.

Sergio Ramos: 7
Dengan mengandalkan mesin tiki-taka yang tiada henti berputar, para pemain bertahan Spanyol perlu mengambil peran krusial. Ramos tampil mulus dalam mendistribusikan bola dan mengambil keputusan. Ia sama sekali tidak tampak gugup, bahkan tampil tegar menghadapi gempuran demi gempuran yang dilancarkan barisan depan Uruguay.

Gerard Pique: 8
Fans Spanyol bersukacita dengan melihat Pique kembali dalam dalam performa terbaiknya. Pemain Barcelona ini tampil solid di lini belakang dan kerapkali membantu sesama pemain di lini tengah pada saat yang tepat.

Jordi Alba: 8
Alba menjadi personel tim yang begitu penting di skuad Spanyol. Dan ia menunjukkannya dalam laga melawan Uruguay kali ini. Penampilannya di lini bek kanan memberi rasa percaya diri kepada penampilan tim secara keseluruhan.

Ia bahu membahu bersama rekan pemain yang menempati posisi sebagai gelandang untuk melepas operan-operan yang meneror pertahanan lawan. Pemain ini menjadi salah satu senjata pamungkas Spanyol.

Sergio Busquets: 8
Ketepatan operan-operannya mendekati sempurna. Ia punya kemampuan mumpuni dalam penguasaan bola.

Xavi: 7,5
Ia masuk dalam jajaran elite pemain legendaris Spanyol. Penampilannya sebagai gelandang terus bersinar belakangan ini meski masih perlu dukungan sesama rekan pemain lain. Perannya di lini tengah terus diperlukan Spanyol.

Andres Iniesta: 9
Kualitas operannya nomor wahid. Iniesta terus mengukir prestasi sebagai pemain berkelas dunia, Dan ia terus memberi bukti dari satu pertandingan ke pertandingan lain. Ketika melawan Uruguay, ia tiada henti bergerak untuk melumasi rotasi daya gempur Spanyol.

Cesc Fabregas: 8,5
Ia punya andil dalam gol brilyan yang dicetak oleh Soldado. Spanyol kehilangan "roh" di lini lapangan tengah ketika Xabi Alonso absen. Cesc menjalin kerjasama bersama Busquets, Xavi dan Iniesta dengan pergerakan yang cepat. Hasil kerjasama mereka, sungguh luar biasa.

Pedro: 8
Pemain ini mencetak gol perdana dengan bantuan Lugano. Kecepatan, ketepatan dan kelihaiannya dalam bergerak menjadi model bagi gelandang ideal bagi timnas Spanyol. Ia digadang-gadang sebagai pemain yang punya kreativitas.

Roberto Soldado: 7,5
Penampilannya mendekati kontroversial meski akhirnya ia memberi bukti dengan menempati posisi di lini depan, bahkan mampu mencetak gol.

Para pemain Uruguay:

Fernando Muslera: 5,5
Sulit menyalahkan dia begitu saja dengan terjadinya gol yang dilesakkan oleh skuad Spanyol. Ia mampu menahan tembakan keras yang dilepaskan Pique di babak pertama.

Maxi Pereira: 4
Maxi turut bertanggungjawab atas gol yang dicetak oleh Soldado. Ia kurang sigap mengawal pergerakan pemain Spanyol.

Diego Lugano: 2,5
Lugano menahan laju bola yang ditendang oleh Pedro. Arah bola justru membelok kemudian menghunjam ke gawang Uruguay. Gawang Uruguay kebobolan satu gol.

Ia membendung laju serangan pemain Spanyol dengan terlalu banyak memainkan dan mengolah bola. Pemain ini kurang punya semangat bertempur habis-habisan.

Diego Godin: 3
Gol kedua Spanyol juga akibat ketidaksiapan pemain ini. Sebagai bek tengah, ia kerapkali kedodoran menghadapi pergerakan Fabregas.

Martin Caceres: 5
Bek kiri ini relatif solid megawal lini pertahanan Uruguay. Ia mampu mendistribusikan bola, meski sedikit kurang terampil benar dalam penguasaan bola.

Cristian Rodriguez: 4
Ia tampak masih kurang pas menempati lini tengah Uruguay.

Walter Gargano: 3
Gargano tak pernah henti berusaha meladeni pergerakan para gelandang Spanyol. Penempatan posisinya kerapkali masih canggung.

Diego Perez: 3
Perez kerapkali "kehilangan akal" untuk menghentikan pergerakan para gelandang Spanyol yang dinamis. Di masa depan, ia perlu lebih banyak menerima tanggungjawab peran di skuad timnas Uruguay.

Gaston Ramirez: 2
Penampilannya tidak efektif di babak pertama. Sulit melupakan bagaimana ia kurang cermat dalam penguasaan bola. Ia akhirnya diganti.

Luis Suarez: 7
Pemain ini kurang memperoleh distribusi bola yang memadai di babak pertama, meski mampu melepas tendangan bebas dengan keras dan terarah ke gawang Spanyol. Ia menciptakan gol semata wayang bagi timnya.

Edinson Cavani: 4,5
Laga melawan Spanyol membuat pemain ini merasa frustrasi. Pemain depan berambut panjang ini sebenarnya dapat lebih banyak berbuat bagi timnya. Ia mampu beroperasi dari lini sayap ketika menguasai bola. Ia menerima kartu kuning karena menyikut kepala Ramos.       

 

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013