apa yang disampaikan dan disosialisasikan oleh jajaran Sudinkes ini dipatuhi dan ditindaklanjuti
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto meminta warga  mematuhi instruksi Suku Dinas Kesehatan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS)  untuk mencegah penularan penyakit cacar monyet (monkey pox/ mpox).

​​​​"Ini juga perlu disampaikan kepada warga agar berhati-hati dan apa yang disampaikan dan disosialisasikan oleh jajaran Sudinkes ini dipatuhi dan ditindaklanjuti," kata Uus di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut, Uus mengimbau masyarakat agar tidak resah dengan kehadiran penyakit cacar monyet  dengan selalu mengikuti petunjuk dan arahan Sudinkes.

"Itu langsung dilakukan jajaran Dinkes DKI, sudah ditangani langsung. Kemarin juga ibu Kepala Dinas Kesehatan DKI juga sudah menyampaikan di media televisi dan sekarang sedang dilakukan tindak lanjut sehingga warga tidak usah resah. Yang penting apa yang disampaikan jajaran Dinkes diikuti," kata Uus.

Sebelumnya, Pemkot Jakbar memastikan pasien cacar monyet di daerahnya menjalani isolasi di rumah sakit untuk diobati untuk mencegah penularan.

"Harus Diisolasi," kata Kepala Sudinkes Jakbar, Erizon Safari di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan hingga saat ini jumlah kasus penyakit itu sudah meningkat jadi delapan atau bertambah dari posisi akhir Oktober.

Mengenai langkah pencegahan, Erizon  mendorong masyarakat untuk menerapkan PHBS.

"Cuci tangan dan menghindari kontak dengan orang sakit," kata Erizon.

Sementara itu, kata Erizon, untuk warga yang melakukan kontak langsung dengan pasien diminta ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan vaksinasi.

"Ya kalau untuk orang-orang yang potensial berisiko, yang kontak langsung, dianjurkan untuk vaksinasi," kata Erizon.
Baca juga: Jakarta Barat pastikan pasien cacar monyet diisolasi di rumah sakit
Baca juga: Dinkes DKI sebut 24 kasus cacar monyet semua laki-laki gejala ringan
Baca juga: Pemprov DKI gencarkan vaksin cacar monyet


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023