Siap disembelih Pak"
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memberikan pengarahan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) serta kepala dinas di DKI Jakarta mengenai penyerapan anggaran sekaligus persiapan untuk anggaran perubahan 2013.

Dia mewajibkan seluruh SKPD dan Kepala Dinas untuk memastikan tidak akan meninggalkan Sisa Hasil Penggunaan Anggaran (SILPA) lebih dari tiga persen.

"Saya mau SILPA tidak lebih dari tiga persen. Kalau tidak, siap-siap Kepala Dinas saya sembelih," kata Jokowi saat memberikan pengarahan SKPD di Balaikota DKI Jakarta, Rabu.

Dalam pengarahan tersebut, Jokowi menekankan kepada setiap Kepala Dinas dan SKPD yang datang agar memastikan bahwa program dan kegiatan yang sudah diajukan bisa dilaksanakan sehingga tidak menyisakan anggaran.

"Sekarang jujur saja bilang, kalau memang tidak sanggup ya bilang agar anggaran tersebut bisa dipakai ke program yang lebih membutuhkan dan pasti terlaksana," kata Jokowi.

Dia bahkan memanggil satu-persatu Kepala Dinas yang ada untuk melaporkan program yang sulit dilakukan dan anggaran yang akan dikembalikan.

"Jangan hanya bilang sanggup 97 persen penyerapannya, tapi akhir tahun hanya 95 atau 94 persen. Siap-siap saja kepala dinasnya," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Arie Budhiman menyebutkan bahwa target penyerapan anggaran tahun 2013 sebesar 98 persen. Hanya saja, lanjut Arie, dirinya tidak yakin bisa mencapai target tersebut.

"Targetnya memang 98 persen. Tapi realisasinya hanya mampu 95 persen. Siap disembelih Pak," kata Arie kepada Jokowi.

(Dny)

Penerjemah: Deny Yuliansari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013