Konsumsi rumah tangga terus tumbuh seiring terkendalinya inflasi
Jakarta (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa dari segi pengeluaran, konsumsi rumah tangga masih menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2023 dengan kontribusi pertumbuhan 2,63 persen year on year (yoy).

“Konsumsi rumah tangga terus tumbuh seiring terkendalinya inflasi,” ujar Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers PDB Kuartal III-2023 di Jakarta, Senin.

Amalia menjelaskan, pertumbuhan konsumsi rumah tangga tertinggi dikontribusikan oleh sektor Transportasi dan Komunikasi, yang tercermin dari peningkatan penjualan sepeda motor dan penumpang angkutan rel, laut dan udara, serta restoran dan hotel.

“(Hotel) tercermin dari peningkatan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel,” jelas Amalia.

Menurutnya, sebenarnya kontribusi konsumsi rumah tangga terhadap sumber pertumbuhan pada kuartal III-2023 relatif lebih kecil dibandingkan kontribusi pada kuartal II-2023 lalu yang sebesar 2,77 persen (yoy) dan kuartal III-2022 yang sebesar 2,81 persen (yoy).

“Karena konsumsi rumah tangga telah mencapai puncaknya pada kuartal II-2023,” ujar Amalia.

Selain konsumsi rumah tangga, komponen yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi kuartal III-2023, yaitu komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) dengan sumber pertumbuhan sebesar 1,81 persen (yoy), diikuti oleh komponen Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga (LNPRT) sebesar 0,07 persen (yoy).

Dari sisi pertumbuhan, konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 5,06 persen (yoy), komponen PMTB tumbuh 5,77 persen (yoy), dan komponen LNPRT tumbuh 6,21 persen (yoy).

“PMTB didorong oleh pertumbuhan barang modal bangunan, kendaraan, CBR, serta produk kekayaan intelektual, sedangkan LNPRT didorong oleh peningkatan aktivitas partai politik,” ujar Amalia.

Namun demikian, pada kuartal III-2023 terdapat tiga komponen yang mengalami kontraksi yaitu impor, ekspor dan konsumsi pemerintah yang secara berurutan mengalami kontraksi masing- masing minus 6,18 persen (yoy), minus 4,26 persen (yoy) dan minus 3,76 persen (yoy)

Baca juga: BPS: Ekonomi RI tumbuh 4,94 persen pada kuartal III-2023
Baca juga: BPS : Manufaktur sumber terbesar pertumbuhan ekonomi RI kuartal III
Baca juga: BPS: Inflasi Oktober 0,17 persen

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023