Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Jakarta Utara berkolaborasi dengan kelurahan untuk meningkatkan peran aktif RT, RW dan Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) guna memastikan seluruh tahapan Pemilu 2024 di wilayah tersebut lancar.

Lurah Tugu Selatan Sukarmin usai sosialisasi tahapan pemilu 2024 di Kantor Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, Senin, mengatakan, peran aktif RT RW dan LMK yang diharapkan adalah mendeteksi potensi kerawanan dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Selain itu memastikan pemilih untuk melakukan pengecekan terdaftar atau tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui tautan cekdptonline.kpu.go.id agar meminimalisir permasalahan pemilih di TPS.
 
Selanjutnya mengantisipasi pada saat pelaksanaan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), khususnya yang berkaitan dengan masalah pemilih baik Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) maupun Daftar Pemilih Khusus (DPK).
 
Lalu melakukan sosialisasi juga kepada masyarakat mengenai tata cara dan mekanisme pembuatan Surat Pindah Memilih untuk meminimalisir permasalahan yang dapat terjadi di kemudian hari.

Baca juga: Petugas gabungan tertibkan wilayah Jakut jelang pemilu dan Piala Dunia
Baca juga: Polisi lakukan simulasi teknik pengamanan cegah kericuhan Pemilu


Kepolisian setempat memperketat pengamanan gudang penyimpanan logistik pemilu untuk wilayah Jakarta Utara yang berada di Jalan Raya Tugu Nomor 7 RT02/RW14, Koja.

Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Gidion Arif Setyawan bersama pihak terkait juga sudah mengecek langsung ke gudang penyimpanan tersebut pada Rabu (1/11) lalu.

Di Jakarta Utara, jumlah pemilih yang bakal berpartisipasi dalam Pemilu 2024 mencapai 1.345.136 orang. Ketua KPU Jakarta Utara Abdul Bahder Maloko mengatakan jumlah pemilih laki-laki sebanyak 667.144 orang dan jumlah pemilih perempuan sebanyak 677.992 orang.
 
Jakarta Utara memiliki enam kecamatan dengan jumlah daftar pemilih tetap di Cilincing sebanyak 316.239 orang, Kelapa Gading
(109.156)​​​​​​​, Koja (248.751), Tanjung Priok sebanyak (305.716), Pademangan sebanyak (124.450) dan Penjaringan sebanyak 240.824 orang.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023