Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam mempertahankan capaian pembangunan ekonomi yang telah diraih pada tahun-tahun sebelumnya.
 
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kata Fadel sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa, pertumbuhan ekonomi di Ranah Minang berkembang dari tahun ke tahun, yakni dari -1,61 persen di tahun 2020 menjadi 3,29 persen di tahun 2021 hingga mencapai angka 4,36 persen di tahun 2022.
 
Anggota DPD Daerah Pemilihan (Dapil) Gorontalo itu turut bahagia karena Pemprov Sumbar berhasil menekan angka kemiskinan. Berdasarkan data BPS, pada tahun 2022 jumlah penduduk miskin di Sumbar adalah 335,21 ribu jiwa atau turun dari 370,67 ribu jiwa pada 2021 dan 344,23 ribu jiwa pada 2020.
 
"Pertama sekali kedatangan saya kemari adalah untuk bersilaturahmi. Sudah agak lama saya tidak ketemu, padahal orang-orang di sekitar beliau (Audy Joinaldy), termasuk teman dan orang tuanya saya kenal semua. Saya senang melihat beliau dalam keadaan sehat, tak kurang satu apa pun, lebih senang lagi karena pembangunan Sumbar berjalan dengan baik," kata Fadel saat menyambangi kediaman Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy.

Baca juga: Wakil Ketua MPR harap kepala daerah netral dalam pemilu
Baca juga: Wakil Ketua MPR RI hadiri Muktamar Besar XI Alkhairaat

Fadel bertemu dengan Audy di kediaman Wakil Gubernur Sumbar di Kota Padang, Senin (6/11) malam. Fadel mengaku disambut dengan ramah oleh tuan rumah layaknya sahabat yang sudah lama tidak bertemu.
 
Selain mengapresiasi sektor pembangunan ekonomi dan penurunan angka kemiskinan, Fadel menyoroti sektor pertanian yang menjadi salah satu prioritas pembangunan di Sumbar.
 
Menurut dia, sektor pertanian di Bumi Minangkabau berhasil dilaksanakan dengan baik yang berdampak pada peningkatan ekonomi petani. Hal tersebut, kata Fadel, salah satunya terjadi karena kemampuan wakil gubernur yang mumpuni di bidang pertanian.
 
Menyoal dukungan politik bagi pasangan petahana jelang Pilkada Serentak 2024, Fadel menyebut kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar sudah dilihat dan dirasakan masyarakat sehingga bisa menjadi modal dan dukungan politik tersendiri.
 
"Beliau ini tidak memerlukan dukungan politik dari saya. Cukup dari kinerja mereka selama ini, itu sudah lebih dari yang dibutuhkan. Apalagi baik gubernur maupun wakilnya terkenal sangat kompak dan saling mengisi satu dengan yang lainnya," imbuh Fadel.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023