Berdasarkan hasil perhitungan suara, calon nomor urut dua, Prof Freddy Leiwakabessy, memperoleh suara terbanyak di antara dua calon rektor lainnya
Ambon (ANTARA) - Prof Freddy Leiwakabessy terpilih menjadi Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku, periode 2023-2027 dalam rapat paripurna senat pemilihan calon rektor di kampus berjuluk Basudara di Maluku itu.

"Berdasarkan hasil perhitungan suara, calon nomor urut dua, Prof Freddy Leiwakabessy, memperoleh suara terbanyak di antara dua calon rektor lainnya," ujar Ketua Senat Unpatti Prof Nirahua di Ambon, Selasa.

Prof Freddy Leiwakabessy ditetapkan sebagai rektor terpilih berdasarkan Keputusan Senat Universitas Pattimura Nomor 11/UN13.V/SK/2023.

Prof Nirahua menjelaskan Prof Freddy Leiwakabessy terpilih karena mengantongi 66 suara dari 109 hak suara para senat dan 35 persen rekomendasi kementerian.

Sementara calon rektor nomor urut satu Prof Jusuf Madubun memperoleh 16 suara dan calon nomor urut tiga Prof Izaak Wenno memperoleh 27 suara.

Baca juga: PPR: Lima calon rektor Unpatti lolos verifikasi berkas

"Senat Unpatti mengucapkan selamat atas terpilihnya Prof Freddy Leiwakabessy sebagai Rektor Unpatti selama empat tahun ke depan," kata Nirahua.

Sementara itu dalam pidatonya sebagai Rektor Unpatti terpilih periode 2023-2027, Prof Freddy Leiwakabessy mengatakan amanat yang diberikan kepadanya sebagai rektor terpilih akan difungsikan dengan baik untuk kemajuan Universitas Pattimura.

"Tentunya saya tidak bisa berjalan sendiri, mari kita bergandengan tangan untuk sama-sama membangun Unpatti agar semakin maju ke depannya," kata Leiwakabessy.

Dalam visi misi yang pernah disampaikan, Prof Fredy Leiwakabessy bertekad menjadikan Unpatti sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia Timur, menjadi center of excellence, world class university, dan pusat kajian untuk pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi, serta menjadikan Unpatti sebagai universitas kebanggaan orang Maluku, dan dan mendorong revitalisasi ke PTN-BH.

Hadir dalam rapat paripurna senat tersebut Direktur Sumber Daya Ditjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristek M Sofyan Effendy.

Baca juga: Unpatti-Kedubes AS kerja sama tingkatkan mutu pendidikan
Baca juga: Tolak pemilihan rektor, mahasiswa Unpatti Ambon demonstrasi


Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023