Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan penanaman 50 ketapang kencana di kolong jembatan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Jatinegara, untuk penghijauan dan mengurangi polusi udara.
 
Penanaman pohon yang dilakukan pada Selasa itu dipimpin Wali Kota Jakarta Timur
Muhammad Anwar didampingi Sekretaris Kota Jakarta Timur Kusmanto dan Camat Jatinegara Muchtar.
 
Anwar mengatakan penanaman pohon dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan dan mengurangi polusi udara Jakarta.
 
Total ada 50 pohon ketapang kencana yang ditanam dalam kegiatan itu. "Ini merupakan sinergi kedua penanaman pohon pemkot di Jalan DI Panjaitan hingga total sudah 100 pohon ketapang kencana yang ditanam di sepanjang jalan tersebut," kata dia.
 
Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur terus memaksimalkan program penghijauan pada lahan kosong di seluruh kecamatan sesuai arahan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
 
"Tujuannya untuk menjadi paru-paru kota dan mengurangi polusi udara di Jakarta," ujarnya.

Baca juga: Jakarta Timur terus gandeng perusahaan swasta lakukan penghijauan
Baca juga: Kecamatan Makasar teruskan penghijauan di kolong Tol Becakayu
 
General Manager Bassura City Esther Rinekda Hutabarat mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya Pemkot Jakarta Timur (Jaktim) dalam menjaga kualitas udara.
 
Karena itu, pihaknya telah ikut menanam pohon ketapang kencana yang jumlahnya mencapai 100 pohon.
 
"Hari ini kami memberikan 50 pohon ketapang kencana. Ini yang kedua kalinya kita memberikan setelah sebelumnya 50 pohon Ketapang Kencana sudah ditanam," kata Esther.
 
Pihaknya akan terus berkontribusi dalam upaya penghijauan, khususnya di Jakarta Timur.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023