Kami meminta jemaah haji di Indonesia, untuk bersabar terkait dengan adanya pemotongan kuota haji sebesar 20 persen, secapatnya kami akan melobi pemerintah Arab Saudi,"
Cianjur (ANTARA News) - Menteri Agama RI, Suryadharma Ali, mengatakan pihaknya masih mencoba melobi pemerintah Arab Saudi, terkait pengurangan kuota haji sebesar 20 persen untuk masing-masing negara.

"Kami meminta jemaah haji di Indonesia, untuk bersabar terkait dengan adanya pemotongan kuota haji sebesar 20 persen, secapatnya kami akan melobi pemerintah Arab Saudi," katanya, saat berkunjung ke Cianjur, Jabar, Jumat.

Rencannya ungkap dia, secara pribadi akan berangkat ke Arab Saudi guna melakukan lobi ke pemerintah setempat. Namun saat ini, pihaknya masih menunggu kabar dari petinggi Arab Saudi.

"Dalam pertemuan nanti, pemerintah Indonesia akan berupaya meminta Arab Saudi membatalkan pemotongan kuota jemaah haji khusus Indonesia. Namun apabila pemotongan tidak bisa dihindari, kami akan meminta kuota haji Indonesia pada 2014 ditambah menjadi 120 persen," ucapnya.

Tidak hanya itu, pemerintah akan menuntut kerugian pada pemerintah Arab Saudi karena pemerintah Arab Saudi, terlambat mengambil keputusan akibat Masjidil Haram tidak bisa selesai masa renovasinya pada masa haji ini.

Pemerintah Indonesia, tambah dia, telah mengeluarkan sejumlah uang besarnya ratusan miliar rupiah atau hitungan Rp800 miliar yang telah dibelanjakan untuk persiapan haji 2013.

"Harapan kami seluruh calon jemaah haji asal Indonesia untuk bersabar karena kami akan tetap berusaha semaksimal mungkin tidak ada pemotongan kuota," katanya.(*)

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013