Jakarta (ANTARA) - Atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia Alwi Farhan mengatakan ia memetik pelajaran penting dari debutnya di Korea Masters 2023 yang sekaligus merupakan turnamen BWF Super 300 pertamanya.

“Saya harus menambah power, tenaga dan ketahanan. Untuk bersaing di level senior, hal tersebut sangatlah penting,” kata Alwi dikutip dari keterangan singkat PP PBSI, Rabu.

Alwi harus mengakui keunggulan unggulan ketujuh asal Jepang, Koki Watanabe, dalam babak pertama berbalut laga rubber game 21-17, 13-21, 15-21, yang digelar di Gwangju, Korea Selatan.

“Maaf belum bisa memberikan hasil yang terbaik, saya sudah mencoba mengeluarkan semua yang saya punya,” ujar Alwi.

Baca juga: Kalahkan Kuo, Alwi Farhan maju ke babak utama Korea Masters 2023

Mengenai jalannya pertandingan, juara dunia bulu tangkis junior tersebut menilai Watanabe mampu bermain lebih sabar dan ulet, sehingga dapat mengumpulkan poin demi poin hingga meraih kemenangan di babak 32 besar.

“Koki memang bermain lebih sabar dan lebih ulet sementara saya banyak melakukan kesalahan sendiri terutama di gim kedua dan ketiga,” ungkap Alwi.

“Di gim pertama, saya bisa memegang tempo permainan, saya bisa memaksa dia mengembalikan bola yang enak buat saya. Sementara di sisa dua gim lainnya, dia sudah mengantisipasi pola dan strategi saya. Itu menyulitkan, apa yang saya mau lakukan dia sudah menjaganya,” ujarnya menambahkan.

Adapun Alwi berhasil melangkah ke babak utama Korea Masters setelah sehari sebelumnya melakoni dua babak kualifikasi. Ia membalaskan revansnya atas wakil Chinese Taipei Lin Kuan-Ting melalui dua gim langsung dengan skor 21-15, 21-10, pada babak kualifikasi R16 atau babak kualifikasi pertama Korea Masters 2023.

Lebih lanjut, Alwi memenangkan drama rubber game atas wakil Chinese Taipei Kuo Kuan Lin dengan skor 21-9, 18-21, 21-11 di babak kualifikasi final.

Baca juga: Alwi tak sabar untuk debut pada BWF Super 300 perdana di Korea Masters

Sementara itu, hari ini dua wakil Indonesia dipastikan melaju ke babak 16 besar Korea Masters 2023. Pertama adalah tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito yang menundukkan tunggal putra asal Jepang Yushi Tanaka dengan skor akhir 21-11, 16-21, 21-17.

Kemenangan lainnya dibukukan oleh ganda campuran Adnan Maulana/Nita Violina Marwah menang atas pasangan Chinese Taipei Chun Wei Zei/Nicole Gonzales Chan 21-19, 21-19.

Selain itu, masih ada tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo yang akan berlaga hari ini.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023