Jakarta (ANTARA) - Atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia Alwi Farhan melaju ke babak utama turnamen BWF Super 300 Korea Masters 2023, yang digelar di Gwangju, Korea Selatan, Selasa.

Kepastian itu didapatkan Alwi setelah memenangkan drama rubber game atas wakil Chinese Taipei Kuo Kuan Lin dengan skor 21-9, 18-21, 21-11 di babak kualifikasi final.

"Senang dan bersyukur bisa melaju ke babak utama," kata Alwi dalam keterangan singkat PP PBSI yang diterima di Jakarta.

Lebih lanjut, Alwi yang baru saja merasakan debutnya di turnamen Super 300 ini mengatakan ia lebih memegang kontrol jalannya pertandingan di gim pertama dengan memberikan serangan-serangan yang efektif dan mantap.

"Di pertandingan tadi saya lebih memegang kendali permainan di gim pertama. Saya tidak membiarkan lawan mengembangkan pola yang dia inginkan," kata Alwi.

Baca juga: Alwi tak sabar untuk debut pada BWF Super 300 perdana di Korea Masters

"Di gim kedua lawan coba berbalik menekan saya, terutama setelah interval dia lebih berani di permainan setengah ke depannya. Saya kecolongan dari itu dan beberapa kali melakukan kesalahan-kesalahan sendiri," ujarnya menambahkan.

Namun, Alwi mencoba untuk kembali fokus untuk melakukan pola permainan seperti di gim pertama yang begitu mendominasi dan percaya diri dalam memberikan bola-bola sulit yang membuat lawan cukup kewalahan.

"Di gim ketiga, saya fokus lagi dan bisa mengembalikan performa seperti di gim pertama. Saya berhasil membuat lawan tidak nyaman dengan terus berlari. Dari sana saya banyak mendapat poin," kata dia.

"Dia adalah juara junior tahun 2022 lalu, mempunyai skill yang bagus dan unik terutama di pukulan pertama juga keduanya. Itu yang sangat saya antisipasi," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, hari ini juga terdapat Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat yang akan mewakili Indonesia dan pasangan ini sekaligus berlaga untuk kali pertama di nomor ganda putra.

Lebih lanjut, Kevin/Rahmat bakal menghadapi wakil tuan rumah Jin Yong/Ki Dong Ju di babak pertama atau babak 32 besar Korea Masters 2023.

Baca juga: Langkah Alwi Farhan terhenti di 16 besar Indonesia Masters 2023
Baca juga: Mulyo Handoyo sebut Alwi Farhan aset masa depan bulu tangkis Indonesia

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023