Jakarta (ANTARA) - Kepolisian menggandeng organisasi kemasyarakatan (ormas) di Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, untuk menjaga kondusivitas wilayah menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kapolsek Cengkareng Kompol Hasoloan Situmorang di Jakarta, Rabu, menyebutkan, kerja sama antara aparat Kepolisian, masyarakat serta ormas penting untuk menjaga ketertiban dan keamanan wilayah, khususnya menjelang pemilu.

"Masuknya tahun politik, masyarakat perlu mengantisipasi isu-isu sensitif terkait suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), ujaran kebencian provokatif serta penyebaran berita palsu (hoax) yang dapat memecah-belah warga," kata Hasoloan.

Ia juga meminta masyarakat agar tidak terpecah karena perbedaan pilihan politik. "Saya minta agar masyarakat tidak terpolarisasi meskipun memiliki perbedaan pilihan politik," ujar Hasoloan.

Hasoloan juga meminta peran serta ormas dalam mendukung pelaksanaan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di wilayah masing-masing.

"Para Ormas juga dapat membantu masyarakat dalam kegiatan Siskamling, bakti sosial atau kegiatan sosial lainnya," kata Hasoloan.

Hasoloan menyebutkan, dihimpunnya ormas serta unsur masyarakat lainnya di Kecamatan Cengkareng ditujukan untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara Kepolisian dan para ormas serta masyarakat untuk bersinergi menjaga kondusivitas wilayah.

"Kita berharap kerja sama ini akan membawa dampak positif dalam menjaga kondusivitas dan keamanan wilayah Cengkareng menjelang, saat dan setelah Pemilu 2024," kata Hasoloan.
Baca juga: Pemkot Jakpus perkuat kerukunan umat beragama jelang Pemilu 2024
Baca juga: Jakarta Barat tekankan peran tokoh masyarakat kawal Pemilu 2024


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023