Manado (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Ulu Siau, di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, melakukan kerja sama dengan polisi dan TNI dalam mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di LP itu.

Kepala LP Ulu Siau, Stady Umboh, ketika dihubungi dari Manado, Kamis, mengatakan, mereka berkolaborasi dengan Polsek, Polres Sitaro dan Koramil dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lapas.

Baca juga: Panglima TNI: lapas militer jauh lebih angker dari lapas umum

“Dalam memeriksa blok hunian warga binaan pemasyarakatan, pihaknya tidak melakukan sendiri, tetapi juga melibatkan polisi dan TNI,” kata dia. Saat memeriksa blok-blok hunian warga binaan, mereka belum menemukan barang-barang terlarang seperti narkotika maupun obat-obat terlarang.

Baca juga: Tahanan LP Talu Pasaman Barat mandi gunakan air pemadam kebakaran

Adapun barang yang ditemukan dan disita adalah antara lain sendok terbuat dari aluminium atau besi, cukur kumis, yang semestinya tidak berada dalam blok hunian. “Dengan kerja sama yang terjalin selama ini, kondisi Lapas tersebut sampai saat ini dalam keadaan aman,” katanya.

Baca juga: Lapas Luwuk berdayakan narapidana lewat kegiatan bertani

Ia mengatakan, selain itu juga, saat petugas Polsek melakukan patroli keamanan, juga memantau kondisi dari LP itu. Begitu pula saat petugas Koramil setempat saat melakukan patroli, sehingga kondisi keamanan dan ketertiban terus terjaga.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023