Makassar (ANTARA) - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menyerahkan donasi sebesar Rp2 miliar untuk membantu warga Palestina yang sedang mengalami konflik bersenjata dengan Israel.

"Penyerahan bantuan UMI kepada Masyarakat Palestina sebesar Rp2 miliar, diterima langsung oleh Duta Besar Palestina Dr Zuhair SM Alshun,” ujar Rektor UMI Prof Dr Sufirman Rahman dalam keterangan yang diterima di Makassar, Kamis.

Ia menjelaskan, UMI memilih berdiri tegak dengan komitmen bersama Palestina. Komitmen dan kepedulian UMI ini disampaikan langsung oleh Pimpinan UMI kepada Duta Besar Palestina di Indonesia, Dr Zuhair SM Alshun,di Kantor Kedutaan Besar Palestina, Jl Ki Mangunsarkono, Jakarta, Kamis.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan, Wakaf (YW) UMI Prof Dr Mansyur Ramly menegaskan masalah kemanusiaan di Palestina harus segera dihentikan karena akan menjadi preseden yang sangat berbahaya bagi umat manusia di dunia akan datang.

“UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah tentu memiliki suatu kepekaan dalam masalah kemanusiaan. Apalagi dalam komitmen ke-UMI-an kita pada komitmen yang keenam itu memang UMI menjadi salah satu pilar peradaban global,” ujarnya.

Masalah kemanusiaan seperti di Palestina saat ini, disebut Mansyur dapat menjadi salah satu faktor yang menghambat perkembangan peradaban global.

“UMI tidak diam dan untuk itu, kami mengambil langkah-langkah strategis untuk membantu. Beberapa langkah-langkah itu tentunya seperti melakukan berbagai kegiatan-kegiatan ilmiah perihal apa langkah-langkah terbaik dalam menyelesaikan ini,” jelasnya.

Profesor Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI itu menjelaskan, ke depan perlu ada studi-studi tentang konflik di Palestina dari berbagai aspek. Selanjutnya adalah membangun komunikasi dengan unsur-unsur yang ada di Palestina untuk diberikan motivasi dan semangat agar tetap bertahan dan kuat menghadapi ujian kemanusiaan ini.

“Kami sebenarnya juga memiliki program seperti pengembangan kerja sama berupa kesempatan mahasiswa Palestina untuk berkuliah gratis di UMI. Selain kita mendoakan saudara-saudara kita yang ada di Gaza agar mereka bisa kembali hidup tentram dan bahagia, kita juga membantu secara materi,” tuturnya.

Doa dan harapan yang sama juga datang dari Ketua Pengurus YW UMI Prof Dr Masrurah Mokhtar, MA, bahwa salah satu upaya membantu Palestina dengan menyatukan komitmen seluruh umat Islam di dunia.

"Semoga dengan bersatunya seluruh umat Islam dalam memberi bantuan kemanusiaan dapat meringankan beban saudara Muslim kita di Palestina," kata Masrurah.

Baca juga: 187 truk pembawa bantuan telah sampai di Gaza
Baca juga: Bantuan kemanusiaan Baznas RI untuk Palestina tiba di Mesir

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023