Jakarta (ANTARA) - Bantuan kemanusiaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznss) RI bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ), mitra, dan masyarakat Indonesia telah sampai di Bandar Udara Internasional El Arish, Sinai Utara, Mesir, Senin.

Bantuan yang sebelumnya dilepas Presiden Joko Widodo tersebut disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf.

Baca juga: MUI serahkan bantuan masyarakat Indonesia untuk Palestina ke Baznas

"Selanjutnya, bantuan akan diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Mesir untuk kemudian disalurkan ke Gaza melalui badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC) yang merupakan dua badan kemanusiaan yang beroperasi di Gaza," ujar Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Noor mengatakan bantuan Baznas dan sejumlah LAZ terakumulasi sebesar 21,5 ton. Sementara secara keseluruhan, bantuan dari masyarakat Indonesia mencapai 51,5 ton.

Proses pengiriman bantuan akan melewati pintu Rafah, Mesir. Ia berharap pengiriman bantuan dapat berjalan dengan lancar dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Palestina.

Baca juga: Bantuan kemanusiaan Baznas untuk Palestina masuk Lanud Halim

Adapun bantuan kemanusiaan tersebut mencakup berbagai jenis kebutuhan seperti makanan dan obat-obatan serta perlengkapan wanita dan anak-anak.

"Selain itu, juga alat penunjang disabilitas atau hygiene kit, selimut serta barang-barang lainnya yang dibutuhkan warga Palestina," kata dia.

Baznas juga sedang mempersiapkan dana dan sumber daya manusia (SDM) untuk membantu pemulihan dan pembangunan kembali infrastruktur di Palestina.

Baca juga: Rakyat Indonesia sumbangkan Rp22 miliar bantu Palestina melalui Baznas

Pimpinan Baznas Saidah Sakwan mengatakan bahwa bantuan tersebut masuk dalam tahapan ketiga dalam misi kemanusiaan yang akan dilakukan oleh Baznas RI, setelah tahap pertama mengirimkan logistik dan tahap kedua terkait kesehatan.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023