Banjar, Kalsel (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meminta anggota Pramuka aktif melibatkan diri menjadi pionir atau pelopor untuk melestarikan lingkungan dan hutan di Indonesia.

“Saya ingin anggota Pramuka menjadi teladan dalam hal perlindungan ekosistem sumber daya alam dengan cara membiasakan diri hidup ramah lingkungan,” kata Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (Dirjen PKTL) KLHK Hanif Faisol Nurofiq di Banjar, Kalsel, Kamis.

Dia menuturkan hal itu usai menghadiri pembukaan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Regional Kalimantan 2023 di Bumi Perkemahan Kiram, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

“Kita akan menyongsong Indonesia Emas 2045, KLHK sedang mempersiapkan generasi muda yang tangguh pada bidang tata kelola hutan untuk menjaga lingkungan dengan cara membina generasi muda melalui Gerakan Pramuka,” ucapnya.

Hanif yang juga merupakan pimpinan Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti tingkat nasional itu, menyebutkan saat ini dunia sedang mengalami krisis berupa perubahan iklim, biodiversity loss, dan polusi udara.

Baca juga: Wamenkes: Pramuka bantu gerakkan kaum muda untuk sehatkan bangsa

Dia meminta seluruh pihak mampu beradaptasi untuk meningkatkan ketahanan iklim. Pada kesempatan itu, ia mengajak anggota Pramuka se-Kalimantan menyukseskan agenda Indonesia Folu Net Sink 2023 yakni untuk mendukung pengurangan emisi GRK dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan dengan target angka net sink sebesar 140 juta ton CO2eq.

Hanif menekankan anggota gerakan pramuka harus memiliki tekad yang kuat menjaga lingkungan dan hutan agar tetap lestari.

Kegiatan Pertikawan Regional Kalimantan 2023 diikuti sebanyak 670 peserta dari lima provinsi, yakni Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan kegiatan pertikawan merupakan wadah strategis membina generasi muda pada bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

“Kami ingin mencetak generasi muda yang kuat dan tangguh mengabdikan dirinya untuk kelestarian lingkungan dan hutan,” ujar Sahbirin.

Baca juga: Kwarda Jateng capai target 50.000 Pramuka Garuda

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023