Terdapat lima tahapan yang saat ini diupayakan oleh Pemkab Jember dalam mewujudkan kawasan wisata kampus KEB...
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dan Universitas Jember (Unej) di Jawa Timur (Jatim) siap mengembangkan kawasan wisata kampus kreatif, edukatif, dan berbudaya (KEB).

Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Rektor Unej Iwan Taruna menggelar acara "Ngobrol Bareng Santai" (Ngobras) yang dihadiri sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan dosen Unej, di Gedung Rektorat Unej Lantai 3 Kabupaten Jember, Kamis petang.

"Itu merupakan apresiasi bagi kami. Bagaimana melakukan esensi kolaborasi, sinergi, dan akselerasi dalam mewujudkan wilayah Kampus Unej di Tegalboto menjadi kawasan wisata edukatif, kreatif, dan berbudaya," kata Hendy.

Menurutnya, untuk mewujudkan slogan wisata kampus kreatif, edukatif, dan berbudaya tentunya ada beberapa tahap mulai dari kelengkapan sarana prasarana yang mendukung.

"Terdapat lima tahapan yang saat ini diupayakan oleh Pemkab Jember dalam mewujudkan kawasan wisata kampus KEB, namun perlu dukungan dari pihak Unej yang memiliki pakar-pakar yang hebat," ujarnya lagi.

Ia menjelaskan tahapan itu mulai dari uji coba Sistem Satu Arah (SSA) pagi dan sore, uji coba SSA 24 jam, kemudian mengatur perbaikan trotoar, dan lahan parkir hingga menyiapkan lahan tempat pedagang kaki lima dan memindahkan para pedagang itu ke wilayah yang strategis ramai pembeli.

"Saya melihat adanya nilai tambah jika melihat potensi 85 ribu penduduk di Kecamatan Sumbersari beserta mahasiswa kampus, mulai dari potensi ekonomi, budaya, hingga kreatifitas," katanya pula.

Oleh karena itu, diperlukan langkah konkret Pemkab Jember bersama Unej beserta kampus-kampus lainnya yang berada di Kecamatan Sumbersari untuk mewujudkan kawasan wisata kampus kreatif, edukatif, dan berbudaya.

"Kami mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung sistem satu arah (SSA). Jaring-jaring utama diperbaiki dulu. Target SSA 24 jam mudah-mudahan bisa terlaksana tahun depan dengan mempersiapkan lahan pedagang kaki lima terlebih dahulu," ujarnya.

Rektor Unej Iwan Taruna yang merupakan putra daerah Jember menyampaikan dukungannya terhadap kawasan wisata kampus KEB di lingkup Tegalboto, sehingga sinergi kolaborasi dan akselerasi segera akan diwujudkan.
Baca juga: Dosen Unej dinobatkan peneliti dengan publikasi terbanyak di Indonesia
Baca juga: Unej luncurkan Halal Center untuk mendukung jaminan produk halal

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023