Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, mengatakan kedatangan Presiden FIFA Gianni Infantino ke Indonesia, dengan sejumlah agenda terkait FIFA World Cup U-17 2023, memperlihatkan apresiasi tertinggi organisasi sepakbola dunia itu kepada Indonesia.

Menurut Erick , kehadiran orang nomor satu FIFA itu tak hanya untuk menyaksikan upacara pembukaan Piala Dunia U-17 pada Jumat (10/11) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jatim, tapi juga berisi kegiatan yang memperkuat hubungan FIFA dengan Indonesia dalam mendukung kemajuan sepak bola nasional.

"Kedatangan Gianni sehari sebelum pembukaan, dan disusul dengan beberapa kegiatan, termasuk kunjungan kehormatan ke Presiden Joko Widodo menunjukkan atensi tinggi FIFA kepada Indonesia. Gianni tadi menyampaikan, melihat laporan persiapan kita, FIFA optimistis kita bisa menjadi tuan rumah yang sukses," kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Erick Thohir sambut Presiden FIFA setelah tiba di Indonesia

Menurut Erick, pertemuan bilateral antara Gianni dengan Presiden Jokowi akan dilakukan Jumat pagi. Setelah itu, Gianni akan mendapat anugerah penghargaan berupa Bintang Budaya Parama Dharma dari pemerintah Indonesia yang diberikan langsung oleh Jokowi.

Bintang Budaya Parama Dharma merupakan tanda kehormatan yang dianugerahkan Pemerintah Republik Indonesia untuk menghormati seseorang atas jasanya dalam bidang kebudayaan.

"Pemerintah Indonesia menghargai apa yang sudah dilakukan FIFA, melalui Presiden Gianni, bagi kemajuan sepak bola Indonesia. Bimbingan, arahan, dan kepercayaan FIFA kepada Indonesia dalam membangun sepak bola secara langsung membangun pula semangat dan budaya baru di masyarakat kita yang mayoritas suka sepak bola. Sehingga akan tumbuh masyarakat yang sportif, disiplin, dan kerja keras untuk mengejar prestasi dalam kehidupan sehari-hari," lanjut Erick.

Sejak Erick Thohir memimpin PSSI, hubungan sepak bola Indonesia dengan FIFA berada dalam titik tertinggi. Berbagai macam kerja sama, mulai dari dukungan atas transformasi sepak bola nasional, realisasi atas berbagai program pembinaan dan pengembangan, pembangunan pusat pelatihan sepak bola di IKN Nusantara, hingga penunjukkan tuan rumah Piala Dunia U-17, langsung direalisasikan.

Baca juga: Presiden anugerahkan tanda kehormatan Presiden FIFA pada November 2023
Baca juga: Calon pemain bintang dari Asia yang akan memikat di Piala Dunia U-17

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023