Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita humaniora yang menarik terjadi pada Kamis (9/11) dan bisa dibaca kembali pada Jumat ini mulai dari Wapres: Kepala daerah berperan krusial capai target kemiskinan ekstrem hingga Jelang HKN, Menkes paparkan sejumlah capaian transformasi kesehatan.

Berikut ini adalah rangkuman berita humaniora kemarin:

1. Wapres: Kepala daerah berperan krusial capai target kemiskinan ekstrem

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan peran krusial kepala daerah dalam mewujudkan pencapaian target nol persen kemiskinan ekstrem di Indonesia tahun 2024.


2. Kemendikbudristek: 1 juta guru honorer jadi ASN PPPK pada 2024

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI menargetkan sebanyak 1 juta guru honorer akan menjadi guru aparatur sipil negara pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (ASN PPPK) pada akhir 2024.


3. KemenPPPA minta masyarakat hati-hati pilih pengobatan tradisional

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dan selektif memilih pengobatan tradisional, menyusul masih maraknya kasus kekerasan seksual terhadap perempuan yang dilakukan oleh pelaku yang mengaku sebagai dukun.


4. Pakar: Pengasuhan positif bisa bahagiakan ibu untuk turunkan stunting

Dosen Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Institut Pertanian Bogor (IPB) Jawa Barat Yulina Eva Riany menyatakan bahwa pengasuhan positif bisa memberi kesempatan bagi ibu untuk lebih bahagia sehingga juga memberikan dampak positif untuk penurunan stunting.


5. Jelang HKN, Menkes paparkan sejumlah capaian transformasi kesehatan

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memaparkan sejumlah capaian transformasi sistem ketahanan kesehatan sebagai salah satu dari enam pilar transformasi kesehatan menjelang Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53.

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023