Moskow (ANTARA) - Moskow melakukan berbagai upaya untuk membantu membuka jalan bagi solusi diplomatik dan gencatan senjata secepatnya di Gaza, kata Kementerian Luar Negeri Rusia pada Kamis (9/11).

"Kami sedang melakukan berbagai upaya intensif untuk meredakan konflik tersebut guna mencapai gencatan senjata sesegera mungkin," ujar Juru Bicara Kemenlu Rusia Maria Zakharova dalam sebuah konferensi pers.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov masih terus menjalin kontak dengan para pejabat dari wilayah tersebut, kata Zakharova.

"Sebuah pesan sedang disampaikan kepada semua pihak terkait kebutuhan mendesak untuk gencatan senjata," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengingatkan bahwa draf resolusi Rusia tentang gencatan senjata kemanusiaan di Gaza sebelumnya telah ditolak oleh Amerika Serikat dan para sekutunya di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

"Kami benar-benar terkejut mendengar pernyataan duta besar Israel untuk Moskow bahwa proses evakuasi dapat memakan waktu hingga dua pekan," kata Zakharova seraya menambahkan bahwa logika seperti itu tidak dapat diterima.

"Bagi kami, isu penyelamatan warga negara Rusia, kompatriot, dan semua orang yang telah menghubungi kami dari sana, merupakan prioritas," tuturnya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023