JMTC merupakan pusat kendali lalu lintas jalan tol berbasis pertama dan terlengkap di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) meraih penghargaan dengan predikat “Excellent for Its Outstanding Digital Innovation” dalam ajang Indonesia Digital Ecosystem Summit (IDES) 2023 berkat inovasi teknologi digital dalam mengoptimalkan pelayanan operasional jalan tol.

Direktur Teknologi Informasi PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) Shandy Maulana Haris, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, menjelaskan salah satu penerapan teknologi yang membantu proses bisnis Jasa Marga adalah teknologi Intelligent Transportation System (ITS) yang digunakan di Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC).

"JMTC merupakan pusat kendali lalu lintas jalan tol berbasis pertama dan terlengkap di Indonesia. Penerapan teknologi ITS Jasa Marga diimplementasikan dalam super-app Jasamarga Integrated Digitalmap (JID) yang digunakan oleh petugas Jasa Marga untuk menjawab kebutuhan dalam pengelolaan pelayanan jalan tol yang terintegrasi sekaligus menjadi sumber dari pusat informasi lalu lintas,” jelas Shandy.

Teknologi ITS mengintegrasikan seluruh peralatan informasi dan komunikasi di jalan tol yang menghasilkan data dan informasi yang kemudian dianalisa oleh sejumlah tenaga ahli Jasa Marga untuk dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para pengambil keputusan.

Menurut Shandy, implementasi dari teknologi ITS ini membantu Jasa Marga dan para stakeholder dalam menentukan strategi layanan operasional saat masa-masa lonjakan volume kendaraan, seperti saat masa arus mudik dan balik libur Lebaran lalu, serta saat momen libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, terang Shandy, implementasi teknologi ITS juga dapat dirasakan langsung oleh pengguna jalan melalui aplikasi Travoy untuk membantu mereka dalam merencanakan perjalanan.

"Aplikasi ini menyediakan informasi lalu lintas real time tidak hanya dari pantauan CCTV, namun juga melalui fitur event lalu lintas yang dilengkapi dengan push notification sehingga otomatis diterima tanpa membuka aplikasi Travoy terlebih dahulu," ucapnya.


Baca juga: Jalan Tol Serpong-Cinere ditargetkan beroperasi dalam waktu dekat
Baca juga: Jasa Marga hadirkan 3 penyedia layanan di ajang "Konstruksi Indonesia"
Baca juga: Jalan Tol Belmera berlakukan tarif baru mulai 17 September

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023