...untuk umum Rp2.000 menjadi Rp3.000...."
Jambi (ANTARA News) - Plt Walikota Jambi, Daru Pratomo, mengatakan kenaikan tarif angkutan kota (angkot) di daerah tersebut diseragamkan menjadi 50 persen.

Menurut Daru, ketetapan tersebut diambil dalam rapat yang melibatkan Dinas Perhubungan Kota Jambi, Organda, dan pengusaha angkot.

"Sesuai hasil rapat, tarif yang sebelumnya ditetapkan sendiri oleh para sopir angkot 50 persen untuk umum dan 100 persen untuk anak sekolah diputuskan untuk naik sebesar 50 persen," katanya di Jambi, Senin.

Daru Pratomo menyampaikan, kenaikan tarif angkot itu merupakan penyesuaian dengan kenaikan harga BBM yang berlaku sejak Sabtu lalu.

"Tidak bisa tidak naik, mereka beroperasikan harus menggunakan minyak yang baru naik itu. Jadi tarifnya harus naik juga. Dan tadi telah disepakati yaitu sebesar 50 persen," lanjutnya.

Dia menyebut, sebelum memutuskan kenaikan sebesar 50 persen, Organda dan Dinas Perhubungan mempunyai tarif tersendiri untuk diusulkan ke forum, yaitu 50 persen untuk umum dan 100 persen untuk anak pelajar, dan ini dicetuskan oleh Organda.

Sementara untuk dinas perhubungan tetap dengan 50 persen, artinya tarif awal Rp1.000 untuk pelajar naik menjadi Rp1.500 per orang. Sementara untuk umum Rp2.000 menjadi Rp3.000.

Pewarta: Nurul Fahmy
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013