Ternyata menurut Ronaldo kawasan yang ditumbuhi hutan bakau tidak separah kehancurannya setelah diterjang tsunami. Dari situlah Ronaldo kemudian berkampanye selamatkan mangrove berarti selamatkan bumi."
Jakarta (ANTARA News) - Kabut asap kebakaran lahan di Sumatera yang menyelimuti Singapura dan mempengaruhi keselamatan penerbangan tidak menyurutkan niat Cristiano Ronaldo, pesohor sepakbola dunia asal Portugal, untuk datang ke Indonesia bersama kekasihnya top model Irina Shayk.

"Justru Ronaldo makin semangat untuk menyelamatkan lingkungan," kata bos Grup Artha Graha Tomy Winata di Jakarta, Senin, mengenai tokoh yang oleh Artha Graha Peduli dinobatkan sebagai Duta Mangrove Untuk Bali itu.

Sebagai pihak yang terlibat dalam mendatangkan Ronaldo untuk kampanye selamatkan hutan bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai itu, Tomy merasa was-was  pemain klub Real Madrid itu membatalkan kunjungan karena khawatir kabut asap dari lahan gambut yang terbakar di Sumatera itu.

"Ternyata manajemen Ronaldo bilang kabut asap tak jadi halangan. Justru kebakaran lahan itu makin meneguhkan Ronaldo untuk kampanye penyelamatan hutan dan juga hutan bakau," kata Tomy yang pernah bertemu Ronaldo di Madrid, Spanyol, pada 8 Maret 2013.

Ronaldo yang sering dipanggil CR7 karena nomor punggungnya itu akan menanam bakau bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya dalam program "Bali Save Mangrove, Save Earth" pada 26 Juni 2013. Menurut Tomy, Ronaldo menaruh perhatian dalam konservasi lingkungan, khususnya mangrove, menyusul tsunami yang melanda Aceh.

Beberapa tahun lalu, seorang anak bernama Martunis terbawa tsunami Aceh selamatkan setelah terapung-apung beberapa hari di laut. Martunis saat ditemukan mengenakan kaus kesebelasan Portugal sehingga kemudian dipertemukan dengan Ronaldo.

Bintang sepakbola itu pun sempat berkunjung ke Aceh dan mendalami apa yang bisa menyelamatkan dari serangan tsunami.

"Ternyata menurut Ronaldo kawasan yang ditumbuhi hutan bakau tidak separah kehancurannya setelah diterjang tsunami. Dari situlah Ronaldo kemudian berkampanye selamatkan mangrove berarti selamatkan bumi," kata Tomy lagi.

Ia pun mau saja ketika ditawari Tomy untuk menjadi Duta Forum Peduli Mangrove demi memperjuangkan konservasi hutan bakau di Bali dan di Indonesia pada umumnya.

"Saya mau menjadi duta karena Pemerintah Indonesia dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono punya komitmen untuk peduli lingkungan dan konservasi alam," kata Tomy mengutip pernyataan Ronaldo.  (*)

Pewarta: Akhmad Kusaeni
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013