Kuala Lumpur (ANTARA) - Petronas dan Dorna Sports memperkenalkan bahan bakar baru berkelanjutan yang akan digunakan pada musim Moto2TM dan Moto3TM 2024 saat pembukaan Petronas Grand Prix Malaysia 2023 di Sepang.

Petronas Senior General Manager, Hubungan Strategis dan Komunikasi Grup Anita Azrina Abdul Aziz dalam keterangan tertulisnya di Kuala Lumpur, Sabtu, mengaku bangga pada Dorna Sports terus terlibat dalam kemitraan ini mengingat mereka bekerja sama menciptakan olah raga rendah karbon.

Pada 2024, Moto2TM and Moto3TM hanya menggunakan bahan bakar yang diformulasi dengan setidaknya 40 persen bahan bakar non-fosil, di samping terus memenuhi kebutuhan oktan tinggi dan oksigen rendah regulasi bahan bakar Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) 2023.

Evolusi kemitraan itu membuat Petronas dapat mendukung Dorna Sports mendukung kejuaraan tersebut dengan 100 persen bahan bakar berkelanjutan pada 2027.

Bagi Petronas, pengembangan bahan bakar berkelanjutan adalah kunci dalam membuka kesempatan baru sebagaimana mereka sedang meredefinisikan dirinya dalam menghadapi transisi energi.

Baca juga: Pertamina dan Petronas resmi gantikan Shell di Blok Masela

"Tonggak penting ini menyoroti komitmen bersama Petronas dan Dorna Sports untuk menciptakan jalan rendah karbon masa depan dan bersama dengan mitra kita, kami kan terus mendorong batasan-batasan dengan Fluid Technology Solutions™ kami," kata dia.

Pejabat Tertinggi Eksekutif Dorna Sports Carmelo Ezpeleta mengatakan 2024 menjadi awal era baru untuk balapan motor Grad Prix dan langkah pertama ke era baru global tanpa bahan bakar karbon.

Bekerja sama dengan mitra terkemuka global seperti Petronas sehingga hal itu terwujud pada Moto2 and Moto3 adalah sungguh fantastis bagi mereka.

Yang juga fantastis, kata dia, adalah memastikan kedua kelas tetap berperforma luar biasa sekalipun menggunakan minimal 40 persen bahan bakar non-fosil dan menggunakan paddock sebagai tempat pengujian sebelum teknologi itu digunakan awam.

Selama fase pengembangan, bahan bakar Petronas Primax Pro-Race M2 menjalani pengujian performa mesin yang ketat dengan pabrikan utama dan tim terpilih dalam Moto2TM, Moto3TM, dan World Superbike.

Baca juga: Anak perusahaan Petronas temukan sumber migas baru di Sarawak

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023