Kami sediakan 'information center'
Jakarta (ANTARA) - BUMD bidang pariwisata dan perhotelan, Jakarta Experience Board (JXB) menyediakan fasilitas berupa pusat informasi bagi media untuk peliputan Piala Dunia U-17 2023, sebagai bentuk dukungan mereka pada acara berskala internasional itu.

"Kami sediakan 'information center' (pusat informasi) bagi media peliput, akomodasi tenaga kesehatan yang bertugas selama acara serta rompi sebagai identitas pihak-pihak yang bertugas selama acara,” kata Direktur Administrasi dan Keuangan JXB Zulfarshah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Menurutnya, pihaknya yakin bahwa acara tersebut dapat menjadi sebuah daya tarik wisata yang potensial sehingga dapat meningkatkan kunjungan pariwisata di Ibu Kota.

Selain itu, Direktur Operasional dan Keselamatan TransJakarta Daud Joseph juga mengatakan, pihaknya berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara itu dengan menyiapkan armada yang untuk mobilisasi awak media maupun panitia dari JIEXPO menuju JIS.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Wisnu Dewanto mengatakan bahwa pihaknya mendukung acara tersebut dengan menyiapkan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai salah satu tempat pertandingan.

Baca juga: DKI siapkan rekayasa lalin di sekitar JIS pada Piala Dunia U-17 2023

"Kami juga menyediakan dua lapangan latihan di JIS, lapangan latihan di GOR Soemantri Brodjonegoro Kuningan dan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, yang semuanya sudah 100 persen siap digunakan," kata Wisnu.

Menurutnya, sesuai dengan Instruksi Sekretariat Daerah Nomor E 0044 tahun 2023 oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov DKI Jakarta, diharapkan para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat mendukung perhelatan tersebut.

Pemprov DKI, melalui dinas-dinas terkait, juga mempersiapkan sejumlah hal dalam perhelatan tersebut, seperti rekayasa lalu lintas di tiga titik, yaitu Simpang Perlintasan bidang KA Jalan Sunter Permau Raya-Jalan RE Martadinata; Simpang Jalan Sunter Permai Raya-Jalan Bisma Raya; dan Simpang Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Danau Sunter Utara.

Selain itu, ada juga fasilitas parkir dan bus antar-jemput untuk pulang pergi bagi para penonton.

Polda Metro Jaya turut mengerahkan 2.348 personel untuk mengamankan pertandingan skala global pada 10 November - 2 Desember 2023, salah satunya di JIS.

Baca juga: Disdik DKI bagikan 250 tiket gratis nonton Piala Dunia U-17

Piala Dunia U-17 2023 adalah turnamen sepak bola remaja putra internasional dua tahunan yang diikuti oleh tim nasional di bawah usia 17 tahun asosiasi anggota Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). 

Ajang itu merupakan ke-19 yang diselenggarakan di Asia Tenggara untuk pertama kalinya dan diikuti oleh 24 negara.

Negara-negara itu antara lain Inggris, Ekuador, Burkina Faso, Maroko, Meksiko, Selandia Baru, Spanyol, Senegal, Jepang, Korea Selatan, Indonesia, Polandia dan Prancis.

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023