Sentani (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Hendroyono membuka Perkemahan Bakti Satuan Karya Kalpataru dan Satuan Karya Wanabakti (Pertikawan) regional Papua yang direncanakan akan berlangsung 11-16 November 2023.

 Bambang Hendroyono di Sentani, Sabtu mengatakan Pertikawan merupakan kegiatan lima tahunan yang dinantikan semua anggota saka dalam bentuk perkemahan bakti saka Kalpataru dan saka Wanabakti di setiap regional.

"Pada tahun ini kembal digelar di enam regional yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua," katanya.

Menurut Bambang, saat ini sedang mengikuti Pertikawan keempat 2023 regional Papua.

"Kita menyadari peran generasi muda menjadi kunci pemulihan lingkungan, dengan gaya hidup hijau yang mulai menjadi tren baru kaum muda saat ini," ujarnya.

Dia menjelaskan kaum muda saat ini banyak sekali upaya membangun lingkungan yang baik mulai bermunculan di berbagai belahan dunia.

"Mulai dari gerakan pelestarian alam, pengelolaan sampah hingga pendidikan ramah lingkungan," katanya.

Dia menambahkan fenomena ini semakin menegaskan pentingnya dapat terbangun generasi lingkungan, generasi yang lahir dengan internalisasi nilai-nilai cinta lingkungan.

"Hal inilah yang membuat KLHK mencoba terus mendorong dan mengelola agar menjadi satu gerakan kesatuan yang berdampak signifikan," ujarnya.

Baca juga: Kalsel siap gelar perkemahan bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023