JAKARTA (ANTARA) - Bantuan kemanusiaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ), mitra, dan masyarakat Indonesia telah memasuki wilayah Gaza, Palestina.

Perwakilan Egyptian Red Crescent (ERC)
Marwan mengatakan sebanyak 600 truk bantuan kemanusiaan dari Indonesia termasuk Baznas RI telah berhasil masuk ke Gaza melalui gerbang jalur Rafah, Mesir.

"Gudang-gudang bantuan di Mesir saat ini sudah tidak penuh oleh barang karena penyaluran ke Gaza sudah lancar," kata Marwan dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Sementara itu, Ketua Baznas RI Noor Achmad mengatakan Baznas menerima informasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo bahwa Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf juga menyaksikan bantuan dari Baznas telah masuk ke Gaza.

Baca juga: Panglima TNI: Indonesia berupaya bantuan kemanusiaan sampai di Gaza

Baca juga: MER-C: Bantuan kemanusiaan sudah disalurkan ke RS Indonesia


"Alhamdulillah, bantuan tahap pertama yang kami kirim ini lancar, dan tidak mendapat hambatan-hambatan. Semoga pengiriman bantuan untuk selanjutnya pun dapat berjalan dengan lancar," kata Noor.

Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI bersama KBRI Kairo dan ERC untuk memastikan serta memantau pengiriman bantuan kemanusiaan ini berjalan dengan baik.

Hal ini, kata dia, untuk memastikan donasi kemanusiaan masyarakat yang dititipkan ke Baznas RI 100 persen disalurkan untuk membantu masyarakat Palestina.

"Kami berharap bantuan kemanusiaan yang telah memasuki Gaza ini dapat segera didistribusikan kepada masyarakat Palestina, dan mudah-mudahan dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita di sana," kata dia.

Sebelumnya, bantuan kemanusiaan telah dilepas oleh Presiden RI Joko Widodo di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (4/11), dan bantuan tersebut tiba di Mesir pada Senin (6/11).

Bantuan 51,5 ton tersebut merupakan gabungan dari bantuan pemerintah dan dunia usaha serta masyarakat Indonesia, termasuk Baznas.

Adapun terdapat tiga lembaga kemanusiaan bersama pemerintah yang menghimpun bantuan untuk warga Palestina di Gaza, yakni Baznas RI, Palang Merah Indonesia (PMI), dan Humanitarian Forum Indonesia.*

Baca juga: Relawan MER-C: Belum ada bantuan masuk Gaza utara

Baca juga: Dubes Palestina sebut Israel kendalikan arus barang dan orang di Gaza

Pewarta: Erlangga Bregas Prakoso
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023