mantap, enggak ribet
Jakarta (ANTARA) - Kapten Bhayangkara FC Indra Kahfi memuji infrastrukur transportasi berupa fasilitas bus gratis yang bisa dipakai manyarakat untuk menyaksikan laga Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Sabtu.

"Enak ada fasilitas ini. Gampang kok, naik hingga turun. Pelayanannya pun mantap, enggak ribet," kata Indra pada Sabtu.

Indra mengatakan, dia datang ke JIS menggunakan bus bersama para tokoh sepak bola lainnya, seperti Leo Saputra, Firman Utina, Aliyudin, guna menyaksikan laga Inggris versus Kaledonia Baru dan Brasil melawan Iran. Kebetulan juga dia belum pernah datang ke JIS.

"Saya mau menonton, untuk memeriahkan Piala Dunia U-17 di Jakarta. Kebetulan juga belum pernah datang ke JIS, sekalian ingin melihat dua pertandingan hari ini. Seru itu pasti keduanya," dia menjelaskan.

Bus antar-jemput yang disediakan bagi penonton pertandingan di JIS tersedia setiap 15 menit sekali.

Posisi titik jemput bus persis terletak di halte TransJakarta JIEXPO Kemayoran, Pintu 2. Penonton hanya perlu menunjukkan salinan tiket pertandingan untuk bisa menggunakan fasilitas bus tersebut. Sedangkan untuk media atau ofisial, maka tinggal menunjukkan Kartu ID Pers yang telah terakreditasi.

Shuttle bus berkapasitas 40 orang, dan berangkat menuju JIS sesuai jadwal, entah seluruh bangku terisi maupun tidak. Bus juga tidak akan berhenti di sembarang tempat. Penonton langsung diantarkan sampai halte Trans Jakarta yang berada di depan pintu masuk JIS.

Menurut keterangan dari Transjakarta yang diterima pada Sabtu, Transjakarta menyediakan 11 rute layanan dalam rangka transportasi untuk perhelatan Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium (JIS).

Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta Wibowo mengatakan, ada juga 35 unit bus Low Entry (LE) dengan tarif Rp0 sebagai shuttle bus yang akan mengantarkan dengan rute Jakarta International Expo-C3 Kemayoran -JIS. Fasilitas tersebut, ujarnya, tersedia 11-24 November 2023 dengan waktu operasi 12.00-23.00 WIB.

Dia menambahkan, Transjakarta juga memfasilitasi para panitia, relawan, serta media dengan transportasi dari C3 Kemayoran menuju JIS, pada tanggal 9-24 November.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas pada 11-24 November 2023 di kawasan Jakarta International Stadium (JIS) dalam rangka Piala Dunia FIFA U-17 2023.

"Akan dilakukan penutupan terbatas pada pukul 12.00-24.00 di tiga titik lokasi," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangannya pada Sabtu.

Adapun tiga lokasi tersebut, ujar Syafrin, yaitu Simpang Perlintasan bidang KA Jalan Sunter Permau Raya-Jalan RE Martadinata; Simpang Jalan Sunter Permai Raya-Jalan Bisma Raya; dan Simpang Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Danau Sunter Utara.

Selain itu, Dishub DKI juga menyediakan sejumlah fasilitas bagi para penonton, seperti tempat parkir dan shuttle bus, ujarnya.

"Bagi penonton Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-17 agar memarkirkan kendaraannya di dua fasilitas parkir, yaitu di C3 Kemayoran dan di JIEXPO," tambahnya.

Untuk kepulangan penonton kembali ke kedua parkiran itu, tambahnya, dapat menggunakan shuttle bus yang disediakan di Halte JIS Jalan Danau Sunter Barat.

Baca juga: Suporter Timnas Indonesia manfaatkan shuttle bus ke GBT

Baca juga: Pemkab Bandung sediakan 30 shuttle bus untuk penonton Piala Dunia U-17

Baca juga: TransJakarta sediakan 11 rute untuk penonton Piala Dunia U-17 di JIS

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023