Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyebutkan keputusan mengenai pembangunan moda transportasi monorel oleh konsorsium PT. Jakarta Monorail akan diputuskan besok.

"Besok siang di Monas. Dilanjutkan atau tidak," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Selasa, seraya mengatakan keputusan besok itu akan menentukan kelanjutan pembangunan monorel di Jakarta.

Jokowi menyebutkan PT. Jakarta Monorail sudah siap termasuk dalam pengurusan administrasi pembangunan, bahkan sudah membawa prototipe rangkaian kereta yang akan digunakan.

"Tinggal saya tandatangan," katanya.

Sebelumnya, PT. JM mengklaim mampu mengangkut 800 ribu penumpang setiap hari. Mereka menyebutkan satu rangkaian monorel akan menggunakan enam kereta dengan masing-masing kereta bisa mengangkut 230 penumpang.

Pembangunan monorail akan beroperasi pada dua jalur, jalur biru dan jalur hijau. Pembangunannya  sebelumnya sudah mulai pada 2004, namun berhenti pada 2008 karena soal administrasi.

PT. Adhi Karya yang dulu menjadi pemegang 7,5 persen saham pun sempat membangun pilar-pilar penopang monorel di beberapa titik.

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013