Dengan teknologi revolusioner "skin tone imaging" pada ponsel pintar, TECNO mengapresiasi beragam keindahan manusia lewat peluncuran "multi-skin tone imaging system" yang disebut "Universal Tone".

Hong Kong, (ANTARA/PRNewswire)- TECNO, pionir teknologi mobile imaging global, melansir lompatan yang penuh terobosan dalam teknologi kamera, TECNO Universal Tone—teknologi AI-powered multi-skin tone imaging yang paling canggih, menyatukan bank data dan analisis spektrum terbaru di industri. Dikembangkan secara internal oleh TECNO, teknologi ini mengalami peningkatan lewat kerja sama penelitian dan pengembangan yang melibatkan pakar ilmu warna di berbagai universitas terkemuka dunia. Kerja sama ini mengumpulkan dan menganalisis data dari penelitian ilmiah yang terintegrasi dalam sistem. Teknologi Universal Tone menjalani debut melalui film pendek "Portrait For Everyone" yang diproduksi BBC StoryWorks pada 25 Oktober lalu.

TECNO Universal Tone diciptakan dengan tujuan menampilkan representasi warna dan tekstur setiap warna kulit secara akurat dan tepat dalam fotografi ponsel. Teknologi ini sangat mewakili keindahan unik dari setiap warna dan tekstur warna sekaligus menghasilkan potret yang semakin baik sesuai selera masing-masing konsumen.

"TECNO selalu menilai perkembangan teknologi sebagai salah satu cara menghadirkan pola pikir yang lebih positif bagi konsumen demi masyarakat dan masa depan," ujar Jack Guo, General Manager, TECNO. "TECNO Universal Tone mencerminkan misi tersebut. Teknologi ini menggunakan pendekatan ilmiah yang ketat dan berbasiskan data. Tujuannya adalah meningkatkan teknologi pencitraan yang lebih akurat dan representatif, serta menjamin refleksi yang lebih realistis dari beraneka ragam keindahan pengguna TECNO di seluruh dunia. Dengan demikian, kami memastikan setiap wajah terlihat dalam satu foto."



Teknologi TECNO Universal Tone menggabungkan tiga engine dalam satu perangkat terpadu dan terbaik: Multi-Skin Tone Restoration Engine, Local-Tuning Engine, dan AI-Powered Computational Portrait Engine.

•  Multi-Skin Tone Restoration Engine mencerminkan puncak dari inklusi teknologi skin tone imaging dengan pendekatan yang lebih ilmiah dibandingkan teknologi skin tone lain yang berbasiskan AI. Multi-Skin Tone Restoration Engine memanfaatkan bank data spektrum terbesar dan beraneka ragam yang baru saja dikumpulkan, terutama warna-warna kulit yang kerap kali luput ditampilkan di industri. Di sisi lain, teknologi ini mengandalkan metodologi riset ilmiah yang mutakhir, meliputi warna kulit dalam jumlah banyak demi mencegah bias dalam teknologi. Lebih lagi, teknologi ini mendukung skala warna kulit inklusif dan penyempurnaan algoritma sebagai representasi warna kulit yang akurat. 

•  Local-Tuning Engine menyempurnakan foto untuk beragam skenario realistis. Teknologi ini secara cermat mempertimbangkan faktor lingkungan setempat, kondisi pencahayaan, lanskap geomorfologis, serta temperatur warna sehingga tampilan manusia dan lingkungan sekitarnya menjadi harmonis dan ideal. Setiap solusi penyempurnaan foto dirancang khusus menurut masing-masing wilayah dan negara agar setiap esensi dari kondisi lokal dapat tertangkap.

•  AI-Powered Computational Portrait Engine memakai algoritma yang dikembangkan secara internal oleh TECNO, serta platform sistem pemotretan sehingga pengambilan foto menjadi lebih bersifat personal dan lokal. Dengan mempertimbangkan tampilan estetis dan preferensi budaya di setiap tempat, karakteristik wajah, dan warna kulit di masing-masing wilayah, platform computational portrait ini menjadi solusi peningkatan foto (portrait enhancement) yang dirancang khusus menurut pasar lokal. Solusi ini mencakup akurasi warna kulit dan tekstur kulit yang lebih baik, optimalisasi pencitraan warna kulit, serta personalized beauty enhancement. Maka, setiap foto merefleksikan keindahan setiap orang dari sisi psikologis.

Berfungsi secara sinergis, ketiga engine tersebut menampilkan keunggulan TECNO Universal Tone. Pertama, Multi-Skin Tone Restoration Engine melakukan kalibrasi dan meningkatkan warna kulit yang berbeda-beda. Lalu, Local-Tuning Engine merestrukturisasi warna wajah dan menganalisis kondisi sekitar untuk membangun ulang efek bayangan. Dengan demikian, hasil optimal tercapai di setiap wilayah dan skenario. Terakhir, AI-Powered Computational Portrait Engine menerapkan algoritma yang dipersonalisasi dan dikustomisasi dengan preferensi dan analisis estetika regional. Hal ini mencakup fitur-fitur individual yang tetap dipertahankan, seperti ciri khas kecantikan dan tanda lahir, sekaligus memperindah lekukan wajah sehingga menciptakan foto natural, tiga dimensi, dan bertekstur.

Dr. Kaida Xiao, Associate Professor, Colour and Imaging Science, University of Leeds, sosok yang membantu TECNO dalam pengembangan Universal Tone berkata: "TECNO dan saya menjalankan pendekatan berbasiskan data guna mengembangkan susunan warna yang akurat untuk setiap warna kulit pada teknologi Universal Tone. Artinya, pengguna tidak lagi memperoleh warna kulit yang terlalu terang atau gelap akibat data yang bias. Lewat riset, kami melatih algoritma Universal Tone dengan cara-cara netral dan akurat. Maka, pengguna dapat memotret sekaligus mengapresiasi keberanekaragaman."

Terakhir, TECNO Universal Tone menjamin, ketika lebih dari satu orang yang memiliki warna kulit berbeda-beda tampil pada satu frame, setiap warna kulit dari masing-masing orang terlihat akurat dan dioptimalisasi secara indah. Berbeda dari kebanyakan teknologi smartphone imaging, teknologi pencitraan foto Universal Tone yang bersifat "personal" tidak hanya menghargai karakteristik asli dari berbagai jenis warna kulit sehingga pengguna benar-benar merasa terwakili. Secara keseluruhan, Universal Tone menjadi standar industri yang baru, sebab mampu mengabadikan indahnya keberagaman, merayakan individualitas, serta menghasilkan foto realistis yang secara autentik merefleksikan nilai-nilai kita sebagai manusia.

Sebagai merek yang memprioritaskan pengguna dengan strategi glocalized, TECNO memiliki filosofi "Stop At Nothing", selalu mengembangkan teknologi baru yang mewujudkan pengalaman terbaik. Pengembangan TECNO Universal Tone menjadi pencapaian penting terbaru dalam kiprah TECNO guna mewujudkan industri ponsel pintar yang lebih inklusif, serta membuktikan komitmen TECNO pada inovasi untuk meningkatkan dan memperbarui gaya hidup pengguna di seluruh dunia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023