Karena diabetes ini bisa menyebabkan penyakit-penyakit lain juga...
Jakarta (ANTARA) - Aktor dan model Darius Sinathrya mengatakan sangat membatasi asupan gula dan memperhatikan nutrisi serta menjaga pola hidup sehat untuk menghindari risiko terkena diabetes pada keluarga, termasuk anak-anaknya.

"Aku sama Dona punya kesadaran menjaga pola hidup sehat, baik dari asupannya menggunakan produk yang memang rendah gula, konsumsi produk yang aman, dan menghindarkan kita dari diabetes," ucap Darius saat menghadiri acara diskusi kesehatan tentang diabetes di Jakarta, Minggu.

Darius mengatakan ia dan sang istri Donna Agnesia senantiasa selalu menjaga pola hidup sehat dengan memperhatikan pola makan yang mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh baik vitamin, mineral, protein dan terutama mengurangi konsumsi gula, garam dan lemak yang jadi salah satu faktor risiko diabetes.

Baca juga: Pakar: Diabetes tipe 1 paling banyak dialami anak Indonesia

Ayah dari tiga orang anak ini menyebut, diabetes merupakan penyakit yang angka kematiannya cukup tinggi di Indonesia sehingga penting untuk memiliki pola hidup sehat agar terhindar dari segala penyakit yang dipicu berlebihnya kadar gula dalam darah itu.

"Karena diabetes ini bisa menyebabkan penyakit-penyakit lain juga, jadi kalau kita nggak menderita diabetes paling nggak kita mengurangi resiko terhadap penyakit-penyakit lainnya yang juga tentunya membahayakan kesehatan," katanya.

Selain itu, ia juga rutin berolahraga 3-4 kali seminggu untuk menjaga kebugarannya serta tetap cukup beristirahat dan mengurangi begadang yang menjadi kunci dirinya dan istri tetap hidup sehat.

Beberapa olahraga yang ditekuninya adalah sepak bola sebagai kegiatan kardio, kombinasi gerakan untuk kekuatan otot seperti body weight dan mengendarai motor trail sebagai kegiatan yang juga menguras energi.

"Sehari-harinya seminggu dua sampai tiga kali selama setengah jam kombinasi gerakan, kalau kita disiplin ngatur waktunya, istirahat nggak terlalu lama, 2 jam bisa 1000 kalori kebakar," ucap Darius.

Selain berolahraga ia juga kerap menjaga pola makan sehatnya dengan mengganti karbohidrat dari nasi dengan ubi yang dipanggang tanpa margarin atau jagung, serta mengonsumsi buah dan sayur.

Melalui kegiatan diskusi kesehatan dan edukasi tentang kesadaran terhadap diabetes yang digelar Tropicana Slim dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo, ia berharap semakin banyak masyarakat yang sadar serta bisa menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari diabetes.

"Senang bisa hadir lagi bisa berbagi semangat yang positif, bisa sharing juga untuk kita punya kesadaran yang lebih lagi untuk menjaga pola hidup sehat, dengan mengatur asupan makan, mengurangi gula, garam, lemak, dan juga terus aktif berolahraga rutin dan menjaga pola istirahat," kata Darius Sinathrya menutup perbincangan.

Baca juga: Skrining diabetes dianjurkan di usia 30 jika miliki risiko keturunan

Baca juga: IDAI: Deteksi dini kunci cegah kematian anak akibat penyakit diabetes

Baca juga: Cegah diabetes pada anak dengan gaya hidup sehat

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023