London (ANTARA News) - Petenis unggulan keenam asal China Li Na melangkah ke babak kedua turnamen tenis Wimbledon dengan kemenangan 6-1, 6-1 atas Michaella Krajicek pada babak pertama, Selasa.

Petenis berusia 31 tahun itu mengalahkan lawannya yang asal Belanda dalam waktu 67 menit, lapor AFP.

Li, yang juara Prancis Terbuka pada 2011, akan menghadapi Olga Govortsova dari Belarus atau petenis Rumania Simona Halep pada babak kedua nanti.

Li mencuri angka servis lawan pada game pertama dan kembali mencuri angka lagi untuk membuat kedudukan 4-1. Petenis China itu memenangi set pertama saat Krajicek gagal dua kali pada saat "deuce".

Li mencuri angka servis lagi pada awal set kedua dan terus melaju dengan membuat lawannya berlari di semua sisi lapangan.

Krajicek sempat memberikan perlawanan ketika memegang servis untuk memperkecil ketinggalan 1-5 dan sempat mendapat "break point" dua kali pada game berikutnya pada saat "deuce".

Tapi Li akhirnya memenanginya pada "match-point" ketiganya ketika pengembalian Krajicek terlalu panjang.

Dia membubuhkan tanda tangannya kepada para penggemar asal China yang mengerubunginya di sisi lapangan.

Kegembiraannya itu sangat kontras ketika di tersingkir pada babak kedua Prancis Terbuka oleh petenis Amerika Serikat Bethanie Mattek-Sands.

Prestasi terbaik unggulan kelima itu di Wimbledon adalah mencapai perempat final pada 2006 dan 2010, meskipun dia sudah tumbang pada babak kedua pada dua penampilan terakhirnya di All England Club.

Krajicek (24), adik dari juara tunggal putra Wimbledon pada 1996 Richard Krajicek, turun ke peringkat 575 karena masalah cedera, tapi dia bisa masuk ke babak utama di All England Club melalui peringkatnya 105 yang diproteksi.

Juara junior AS Terbuka 2004 itu tampil untuk pertama kalinya di Wimbledon sejak kekalahannya di babak pertama pada 2008.

Sementara itu rekan senegaranya Li, Zheng Jie gagal meraih peluang untuk melakukan pertandingan ulang dengan Serena Williams, saat dia dikalahkan petenis kualifikasi peringkat 100 asal Prancis Caroline Garcia.

Zheng, peringkat 47, kalah 3-6, 4-6 dalam waktu satu jam dan 20 menit.

Garcia akan menghadapi juara bertahan Williams pada babak kedua, jika petenis nomor satu dunia itu menyisihkan lebih dulu petenis Luksemburg Mandy Minella.

Pada babak ketiga tahun lalu, Zheng sempat merepotkan Williams pada pertarungan mendebarkan yang akhirnya dimenangi oleh petenis AS itu 6-7 (7/5), 6-2, 9-7.

Zheng mencapai semifinal di All England Club itu pada 2008, tapi sejak itu dia selalu gagal melewati babak ketiga. (I015/D011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013