Bandung (ANTARA) - Jerman tidak menemui kesulitan berarti untuk menang 3-1 atas Meksiko, pada pertandingan Grup F Piala Dunia U-17 2023 yang dimainkan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu malam.

Kemenangan itu membuat Jerman menduduki posisi kedua di klasemen sementara Grup F dengan koleksi tiga poin. Koleksi poin Jerman sama dengan tim posisi pertama Venezuela, tapi Venezuela belum kemasukan sama sekali. Sedangkan Meksiko berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan nol poin.

Tim Jerman mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Paris Brunner mencoba mengancam melalui sepakannya yang masih melambung di atas gawang Meksiko.

Kendali permainan tetap berada di tangan Jerman. Peluang bagus berikutnya mereka dapatkan pada menit ke-22 melalui sepakan Noah Darvich yang dapat ditepis kiper Paolo Bedolla.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-29. Charles Herrmann yang bergerak di sisi kiri, kemudian mampu melewati penjagaan pemain Meksiko, dan mengirimkan umpan tarik untuk disambar sepakan Darvich.

Kemasukan satu gol membuat Meksiko lebih mengintensifkan serangan. Peluang bagus mereka dapatkan melalui sepakan keras Stephano Carillo yang melenceng dari gawang Jerman.

Justru gawang Meksiko yang bergetar untuk kedua kalinya pada menit ke-38, akibat gol kedua Jerman yang diukir Max Morstedt. Keunggulan 2-0 untuk Jerman bertahan sampai turun minum.

Baca juga: Jerman U-17 optimistis lolos ke 16 besar meski bersaing di grup berat

Babak kedua baru berlangsung beberapa saat, Jerman mampu memperbesar keunggulannya menjadi 3-0. Pada menit ke-53, Herrmann dengan cerdik mengirimkan umpan terobosan kepada Eric Da Silva Moreira, yang dengan mudah dikonversi menjadi gol.

Unggul tiga gol membuat Jerman sedikit mengurangi intensitas serangan. Situasi itu kemudian dimaksimalkan oleh Meksiko untuk bermain lebih menyerang.

Hasilnya mereka petik pada menit ke-75 saat berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3. Bola tendangan bebas G Alvarez sukses disambut tandukan Tahiel Jimenez untuk membuat bola bersarang di gawang Max Schmitt.

Setelah berhasil memperkecil ketertinggalan, kubu Meksiko terlihat semakin bersemangat. Sayangnya meski lebih berhasil menembus pertahanan Jerman dibanding sebelumnya, penyelesaian Meksiko masih belum memberikan ancaman berbahaya.

Justru pada menit ke-92, Jerman sekali lagi mendapat peluang bagus untuk menambah keunggulan. Diawali dari serangan balik, Robert Ramsak disodori umpan terobosan dan hanya perlu menaklukkan kiper Bedolla. Sayangnya sepakan Ramsak membentur tiang kiri gawang Meksiko.
 

Daftar susunan pemain:

Meksiko: Paolo Bedolla, Jose Suarez, Javen Romero, Adrian Ortellao, Isaac Martinez, Jose Urias, Luis Ortiz, Brandon Lomeli, Stephano Carrillo, Fidel Barajas

Jerman: Max Schmitt, Finn Jeltsch, Maximilian Hennig, David Odogu, Eric Da Silva Moreira, Fayssal Harchaoui, Paris Brunner, Noah Darvich, Charles Herrmann, Winners Osawe, Max Moerstedt

Baca juga: Arya Sinulingga: Penyelenggaraan PD U-17 "on the track"
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023