Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Amerika Serikat U-17 memetik kemenangan perdana di Grup E Piala Dunia U-17 (FIFA World Cup U-17) seusai mengalahkan Korea Selatan 3-1.

Pada pertandingan yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Minggu, tim berjuluk Baby Nats tersebut menang melalui gol yang dicetak Brechimas (dua gol) dan Medina, sementara Korea Selatan hanya mampu membalas lewat sontekan Kim Myeongjun.

Menit ke-7, Amerika Serikat langsung unggul melalui aksi Berchimas yang tembakannya gagal diantisipasi kiper Hong Seongmin.

Usai tertinggal, Korea Selatan terus menggempur pertahanan Amerika Serikat. Di menit ke-9 sepakan dari Kim Myeongjun masih belum mengancam gawang Adam Beaudry.

Korea Selatan kembali memperoleh peluang pada menit ke-17, Kim Myeongjun kembali melepaskan tembakan jarak dekat namun bisa ditangkis Beaudry.

Menit ke-25 tendangan jarak jauh dari David Vazquez diantisipasi oleh Hong Seongmin.

Menit ke-33, melalui aksi solo run Yang Minhyeok melewati lima pemain Amerika Serikat, namun tembakannya masih ditangkap Beaudry.

Satu menit berselang, Minhyeok kembali mengancam melalui sepakan dari kotak penalti namun Beaudry gagal mengantisipasi dengan baik. Kim Myeongjun yang terbebas dari perangkat offside mampu menuntaskan bola muntah untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Korea Selatan memperoleh peluang melalui Seo Jeonghyeok pada menit ke-42, namun tembakannya masih belum mampu menembus pertahanan Amerika Serikat. Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, Amerika Serikat langsung menggempur Korea Selatan. Di menit ke-48 tembakan Bechamas masih bisa ditangkis Hong Seongmin, namun bola liar langsung ditendang oleh Medina untuk membawa Amerika Serikat unggul 2-1.

Di menit ke-53, Amerika Serikat memperoleh peluang emas melalui Medina yang melepaskan tendangan jarak jauh, namun Hong Seongmin masih sigap menghalau bola.

Aksi solo run dari Berchimas di sisi kanan menusuk ke tengah melewati empat pemain Korea Selatan dan melesatkan tembakan jarak jauh membawa Amerika Serikat unggul margin dua gol di menit ke-73, skor 3-1.

Korea Selatan langsung mencoba bangkit, satu menit berselang Yoon Doyong mencoba melepaskan tembakan jarak jauh tapi masih bisa diantisipasi oleh Beaudry.

Di menit ke-85 tembakan jarak jauh dari Yang Minhyeok masih bisa ditangkap dengan mudah Beaudry. Pasukan Taegouk terus menekan pertahanan Amerika Serikat untuk mencoba menyamakan kedudukan, namun skor 3-1 berakhir hingga akhir pertandingan.

Dengan hasil ini membuat Amerika Serikat berada di peringkat kedua dengan tiga poin, mereka hanya kalah margin gol dari Prancis yang berada di puncak klasemen. Sementara Korea Selatan berada di peringkat ketiga.

Baca juga: Jerman tidak temui kesulitan berarti untuk menang 3-1 atas Meksiko
Baca juga: Venezuela hancurkan Selandia Baru 3-0 pada laga perdana Grup F
Baca juga: Iran tumbangkan Brazil 3-2 dalam lanjutan Grup C Piala Dunia U-17

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023