Jakarta (ANTARA) -
Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) mendeklarasikan diri mendukung bakal pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta meyakini Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 akan digelar satu putaran.

“Tentunya kehadiran Mas Gibran menambah semangat di Repnas dan kita yakin kita akan mengantarkan prabowo gibran menang satu putaran,” kata Ketua Umum DPP Repnas Anggawira, saat membuka acara deklarasi untuk Prabowo-Gibran, di Jakarta Selatan, Minggu malam.

Menurut Anggawira, pengusaha harus aktif berkolaborasi dengan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia demi menciptakan Indonesia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

"Kami berkomitmen melahirkan satu juta pengusaha untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, melalui strategi pembangunan yang tepat bersama Prabowo-Gibran kita akan mencapai pertumbuhan ekonomi di atas 7 persen,” ujarnya.

Baca juga: Sandiaga: data PPP tidak menunjukkan kemungkinan pilpres satu putaran

Melalui kepemimpinan yang kuat, kata Anggawira, dapat tercipta pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Kegiatan deklarasi ini turut dihadiri bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Dewan Pembina Repnas Bahlil Lahadalia.

Menurut Bahlil, pertarungan dalam Pemilu 2024 akan ditentukan oleh pemuda yang menjadi kelompok mayoritas pemegang hak suara.

"Sejarah reformasi juga dipimpin anak muda. Terus kenapa banyak orang mempermasalahkan anak muda memimpin bangsa?” kata Bahlil, saat menyampaikan sambutan.

Bahlil mengajak para pengusaha muda memilih pemimpin yang berpengalaman sebagai pengusaha.

"Dalam pandangan saya, yang tahu keresahan pengusaha adalah orang yang pernah menjadi pengusaha, dan dari semua capres-cawapres yang ada yang jadi pengusaha cuma mas Gibran,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Bahlil menyampaikan data sejumlah hasil survei yang menunjukkan tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran.

“Kita tidak boleh terlalu percaya diri, kita harus bekerja keras dan merapatkan barisan untuk memenangkan, kalau memang Allah menghendaki agar pasangan Prabowo-Gibran terpilih menjadi presiden dan wakil presiden periode 2024-2029,” ujar Bahlil di hadapan Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat. 

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). 

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.​​​​​​​

Baca juga: Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo ungguli Ganjar dan Anies

Baca juga: Indo Barometer sebut Pilpres 2024 berpotensi satu putaran

Pewarta: Rina Nur Anggraini
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023