... terutama Kalimantan Tengah dan Riau mengembangkan energi terbarukan... "
Palangka Raya, Kalimantan Tengah (ANTARA News) - Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Kai Sauer, mendorong Provinsi Kalimantan Tengah memanfaatkan dan mengembangkan bioenergi atau energi terbarukan karena sumber daya alam tentang itu sangat berlimpah di sana.

"Kami berkomitmen membantu Indonesia, terutama Kalimantan Tengah dan Riau mengembangkan energi terbarukan dengan menyediakan dana sekitar 4 juta euro," kata Sauer, dalamseminar energi terbarukan berkelanjutan Kalimantan Tengah, di Palangka Raya, Rabu.

Selain menyediakan bantuan dana, lanjut dia, Finlandia juga berkomitmen membantu dari segi ide maupun pemikiran mengembangkan energi terbarukan.

"Terpilihnya Kalimantan Tengah dan Riau menerima bantuan dana 4 juta euro dari Finlandia karena daerah ini kaya akan biomassa atau sumber energi terbarukan," kata Sauer.

Dikatakan, pengembangan energi terbarukan tersebut telah dilaksanakan melalui Energy and Environmental Parnership with Indonesia (EEP) yang merupakan program kerjasama bilateral antara Finlandia dan Indonesia.

EEP merupakan program pendanaan dalam rangka mempromosikan energi terbarukan, efesiensi Energi dan investasi teknologi energi bersih yang dikhususkan pada pengembangan potensi bionergi di Kalteng dan Riau.

"EEP program besar Finlandia membantu negara-negara berkembang termasuk diantaranya Indonesia mengembangkan energi terbarukan," kata Sauer.

Meski begitu, dirinya belum dapat memastikan apakah program EEP dengan besaran bantuan 4juta euro yang akan berakhir tahun 2014 itu akan tetap berlanjut di Indonesia.

"Sekarang ini kami menfokuskan agar energi terbarukan benar-benar dimanfaatkan dan dikembangkan. Mengenai keberlanjutan programnya nanti," demikian Sauer. 

Pewarta: Jaya W Manurung
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013