Banda Aceh (ANTARA) - PLN Unit Induk distribusi (UID) Aceh menyatakan siap menjadi mitra yang andal bagi investor guna memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

"PLN telah menyiapkan berbagai inisiatif strategis dalam mendukung dan menyambut investasi di Aceh seperti melakukan langkah proaktif dan memastikan ketersediaan infrastruktur kelistrikan," kata General Manager PLN UID Aceh Parulian Noviandri di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela kuliah umum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Syiah Kuala (USK) bersama srikandi PLN, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UID Aceh Nurlana guna meningkatkan pemahaman kelistrikan di kalangan generasi muda.

Ia menjelaskan PLN terus memastikan ketersediaan infrastruktur kelistrikan yang andal dan terintegrasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Investasi ini tidak hanya mencakup peningkatan kapasitas listrik, tetapi juga fokus pada implementasi teknologi terkini yang ramah lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut, Ia juga memberikan wawasan tentang produk unggulan PLN, termasuk PLN Mobile, Electrifying Lifestyle, serta langkah-langkah PLN dalam menyambut investasi dan mengimplementasikan transisi energi di Aceh.

"Saat ini sedang terjadi proses pengalihan sumber energi dari sumber berbasis bahan bakar fosil, kepada sumber-sumber yang tidak menghasilkan emisi karbon sesuai dengan kesepakatan Paris Climate Agreement," katanya.

Ia menambahkan meski mahasiswa FISIP tidak secara langsung terkait dengan listrik, pemahaman tentang fungsi listrik sangat penting untuk kemajuan ekonomi di Aceh.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UID Aceh Nurlana juga ikut menjelaskan terkait PLN dalam menjaga stabilitas pasokan listrik dan menciptakan solusi berkelanjutan dalam transisi energi atau ESG (Environtment Social Goverment).

"PLN tidak hanya fokus pada aspek kelistrikan, melainkan juga aktif menerapkan program-program ESG yang merupakan bagian dari komitmen PLN untuk menjalankan transisi energi ke sumber energi terbarukan serta ikut serta dalam kegiatan sosial, seperti program "Srikandi Goes to School" atau "Srikandi Goes to Campus," katanya.

Dekan FISIP USK Dr Mahdi Syahbandir memberikan apresiasi tinggi terhadap PLN UID Aceh dalam berbagi pengetahuan di bidang kelistrikan kepada mahasiswa dan menginspirasi mahasiswa untuk terlibat dalam inovasi energi dan Electrifying Lifestyle.


Baca juga: PLN gandeng Palma Banna Mandiri kembangkan biomassa untuk PLTU di Aceh

Baca juga: PLN targetkan 2024 seluruh dusun di Aceh terlistriki

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023