Medan (ANTARA) - PLN Icon Plus, "subholding" PT PLN (Persero), wilayah Sumbagut terus mempererat kemitraan dengan PLN UID di wilayah kerjanya yaitu Aceh dan Sumatera Utara untuk memperluas pasar internet mereka pada tahun 2024.

"Kerja sama itu termasuk untuk pemasaran bersama," ujar Senior Manager PLN Icon Plus SBU Sumbagut Ajun Muhammad Imanto di Medan, Senin.

Ajun melanjutkan, pemasaran bersama itu bisa dalam pelibatan PLN Icon Plus dalam acara komersial baik yang dilaksanakan PT PLN UID (Unit Induk Distribusi), Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) maupun Unit Layanan Pelanggan (ULP).

Selain itu, PLN Icon Plus juga akan bekerja sama dengan PLN UID di Aceh dan Sumut untuk memberdayakan tenaga "billman" atau pencatat meter sebagai mitra.

"Artinya, 'billman' ini akan kami bekali juga dengan pengetahuan layanan 'Iconnet'," tutur Ajun.

Dia menambahkan, pada tahun 2024, PLN Icon Plus Sumbagut juga berencana membuat kantor representatif di beberapa wilayah untuk menunjang kinerja tiga kantor perwakilan di Aceh dan Sumatera Utara.

Adapun tiga kantor perwakilan tersebut yaitu Aceh, Lhokseumawe dan Padangsidimpuan.

"Untuk kantor yang sifatnya representatif nantinya akan ada di Sibolga, Rantauprapat dan lain-lain," kata Ajun.

Dengan menambah kantor representatif, dia berharap PLN Icon Plus Sumbagut dapat menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah jauh dari pusat kota.

"Kami mau memaksimalkan layanan agar kalau terjadi gangguan tidak perlu waktu lama untuk 'recovery'," tutur Ajun.

PLN Icon Plus Sumbagut menyatakan, jumlah pelanggan layanan internet "Iconnet" di Aceh dan Sumatera Utara mencapai 109 ribu orang pada tahun 2023.

Jumlah itu naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 2022 yang berjumlah sekitar 45 ribu orang.

Secara nasional, PLN Icon Plus yang merupakan anak perusahaan dari PT PLN (Persero) menyatakan bahwa pelanggan Iconnet sudah menyentuh satu juta orang hingga November 2023.

Baca juga: PLN catat bisnis nonkelistrikan tumbuh 28 persen pada 2023
Baca juga: Pj Gubernur Babel apresiasi Pulau Lepar 100 persen Iconnet
Baca juga: PLN Icon Plus dan ABB kerja sama layanan isi daya kendaraan listrik

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024