Medan (ANTARA) - Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mengajak seluruh pihak untuk menggencarkan promosi Aquabike Jetski World Championship 2023 yang digelar di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba.

"Persoalan promosi harus dilakukan lebih giat lagi sehingga wisatawan berbondong-bondong datang ke Sumut khususnya DanauToba," ujar Baskami, di Medan, Selasa.

Menurutnya, layanan komunikasi publik atau promosi menjadi elemen sangat penting yang harus dipersiapkan penyelenggara karena akan berdampak pada peningkatan pariwisata Danau Toba.

"Kejuaraan ini berskala internasional yang menjadi tontonan dunia, untuk itu persiapanya harus dilakukan dengan baik," kata Baskami.

Ia mengatakan Aquabike Jetski World Championship 2023 juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat seiring dengan banyaknya penonton yang datang dari dalam dan luar negeri.

"Ajang ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat sekitar kawasan Danau Toba," sebutnya.

Untuk itu, ia berharap seluruh pihak, baik pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat dapat berpartisipasi dalam menyukseskan kejuaraan jetski dunia tersebut.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan kejuaraan jetski dunia atau Aquabike Jetski World Championship yang diselenggarakan di empat kabupaten kawasan Danau Toba diperkirakan dihadiri 100.000 penonton.

"Ajang internasional ini diprediksikan akan ada 100.000 penonton ditambah pembalap beserta ofisialnya. Untuk itu kita perhatikan persiapanya," ujar Hassanudin.

Hasanudin meminta seluruh pemerintah kabupaten yang menjadi tempat digelarnya kejuaraan ini agar mempersiapkan dan memperhatikan secara detail segala hal yang menjadi kebutuhan ajang balap air tersebut.

"Perhatikan setiap detail persiapan kita, memang sampai saat ini kendala yang kita hadapi bukan hal yang krusial, namun kita tidak ingin event internasional ini ada kendala saat berlangsung nanti," kata Hassanudin.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Sumut, Ilyas Sitorus mengaku pihaknya memperkuat layanan komunikasi publik menjelang kejuaraan Aquabike World Championship 2023.

"Kita sama-sama sebar publikasi, baliho, media cetak, online, media sosial kita kerahkan, sehingga ramai pengunjung sesuai dengan yang diharapkan," ujar Ilyas.


Baca juga: Sandiaga: Okupansi penginapan sekitar Danau Toba capai 50 persen
Baca juga: Menpora: Kejuaraan Dunia Jetski ajang pembalap Indonesia unjuk gigi
Baca juga: Pemprov Sumut ajak masyarakat sukseskan Aquabike Jetski World 2023
Baca juga: Kejuaraan Dunia Jetski Danau Toba diikuti 118 pembalap dari 22 negara
Baca juga: Pengamat: Kejuaraan Aquabike dapat tingkatkan kunjungan wisatawan

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023