PermataBankir Cilik adalah salah satu program untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PermataBank meningkatkan literasi keuangan anak melalui program PermataBankir Cilik, yakni program yang menanamkan kebiasaan menabung dan menggunakan uang secara bijak sejak dini.

"PermataBankir Cilik adalah salah satu program untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia agar generasi penerus kita menjadi generasi yang unggul dan cerdas finansial," kata Direktur Utama PermataBank Meliza M Rusli dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Pada penyelenggaraan yang ke-9 tahun ini, PermataBankir Cilik memfokuskan pelaksanaannya terhadap 150 siswa dari 16 sekolah dasar yang antara lain terdiri atas sekolah dasar negeri (SDN) dan sekolah luar biasa (SLB) dari beberapa provinsi, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Kegiatan tersebut menobatkan 10 peserta terbaik sebagai Bintang PermataBankir Cilik dalam berbagai kategori berbeda. Kemudian, terdapat dua sekolah yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi untuk kategori proyek akhir bertemakan Literasi dan Lingkungan.

Selain itu, seluruh peserta PermataBankir Cilik dinobatkan sebagai Duta Menabung.

Meliza menyebut PermataBankir Cilik tahun ini juga menambahkan materi pengenalan bank sampah, sebagai bentuk kepedulian lingkungan yang sejalan dengan program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) khususnya pada poin ke-12, yaitu konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

PermataBankir Cilik juga berkolaborasi dengan perpustakaan digital PiBo untuk mengadakan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dan pengembangan kemampuan literasi dasar.

Program tersebut menggunakan modul yang mudah dimengerti melalui konsep kelola uang 3-in (Tabung-in, Jajan-in, Bagi-in).

Pembelajaran interaktif yang diterapkan meliputi reading challenge bacapibo.com beserta sistem leaderboard untuk memotivasi peserta; tur virtual ke Bank Indonesia, cabang PermataBank, dan sebuah bank sampah untuk mengajarkan para peserta tentang konsep pengelolaan sampah berkelanjutan; kelas public speaking, serta kelas untuk menstimulasi peserta berpikir secara kritis.

PermataBankir Cilik 2023 juga menghadirkan pelatihan guru sebagai pengayaan terhadap para tenaga didik pendamping peserta.

Baca juga: Bank Permata terus beradaptasi di tengah tantangan digitalisasi
Baca juga: Bank Permata cetak laba Rp1,41 triliun di semester I 2023
Baca juga: PermataBank: Permata RDN Syariah mempermudah investasi di pasar modal


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023