Jakarta (ANTARA) - Mantan ketua umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Respiratori Saddam Al Jihad menilai pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD merupakan komposisi pasangan nasionalis dan menjunjung moderasi beragama Islam.

"Duet Ganjar-Mahfud ini mempersatukan dua warna ideologis dominan yang eksis di republik ini, yakni warna nasionalisme yang diwakili Pak Ganjar dan kelompok Islam (moderat) yang diwakili Pak Mahfud," kata Saddam dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Saddam membandingkan Ganjar-Mahfud dengan paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai duet nasionalis, serta dengan paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai pasangan ideologis islam.

Saddam menyatakan hal itu usai deklarasi Jaringan Alumni HMI dan Muslimin Indonesia Pro Ganjar-Mahfud di Jakarta.

Presiden Asian African Youth Government (AAYG) itu juga meyakini Ganjar-Mahfud mampu memberikan jawaban yang diinginkan publik saat ini. Menurut Saddam, Ganjar-Mahfud berkomitmen kuat untuk memperjuangkan ekonomi wong cilik berbasis kerakyatan.

Dia juga optimistis bahwa Ganjar-Mahfud adalah jawaban dari penantian panjang masyarakat Indonesia yang menghendaki Indonesia adil, makmur, dan sejahtera.

Baca juga: Ganjar-Mahfud dapat nomor 3 spontan gaya metal-senyum sumingrah

Sebagai alumni HMI, Saddam mengaku mengenal betul sosok Mahfud. Menurut dia, Mahfud adalah eks aktivis HMI yang tidak saja dikenal kritis dan intelek, tetapi juga memiliki perisai nurani yang tajam dan peduli terhadap cita-cita bangsa Indonesia.

"Sulit untuk menemukan tokoh seperti beliau (Mahfud). Beliau adalah figur bangsa dengan pengetahuan yang luas dan pengalaman yang serba komplit di pemerintahan. Hal itu membuatnya sangat kompeten dan pantas untuk menjadi pelengkap Pak Ganjar," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Said Abdullah: Nomor urut Ganjar-Mahfud sesuai nomor PDIP

Pewarta: Fauzi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023