Target kami saat puncak arus kunjungan wisatawan akhir tahun 2023, Kota Batu akan dipadati para wisatawan
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur melakukan percepatan perbaikan infrastruktur yang bertujuan sebagai salah satu upaya untuk memperlancar arus wisatawan saat libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dalam keterangan yang diterima di Kota Batu, Jawa Timur, Rabu mengatakan bahwa perbaikan infrastruktur berupa perbaikan plengsengan di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo tersebut, diharapkan rampung sesuai target.

"Target kami saat puncak arus kunjungan wisatawan akhir tahun 2023, Kota Batu akan dipadati para wisatawan. Ini sebagai salah satu upaya memperlancar kondisi tersebut," kata Aries.

Aries menjelaskan, pembangunan plengsengan sepanjang 20 meter dan tinggi 15 meter yang membutuhkan material sekitar 600 kubik tersebut, selain untuk memperlancar arus kendaraan wisatawan, juga untuk mengantisipasi datangnya musim hujan.

Menurutnya, pembangunan plengsengan atau penahan tanah yang merupakan jalan desa tersebut juga untuk memastikan kelancaran akses lalu lintas. Hal tersebut mengingat jalan desa itu digunakan sebagai alternatif masyarakat saat terjadi kepadatan arus lalu lintas.

"Ini adalah jalan desa yang biasa dilalui oleh masyarakat sebagai alternatif ketika jalan raya mengalami kepadatan lalu lintas. Semoga pada akhir tahun bisa selesai," katanya.

Ia menambahkan, diharapkan proyek pembangunan tersebut bisa berjalan lancar dan rampung sesuai target. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Batu rencananya juga akan memasang guard rail serta melebarkan jalan menjadi tiga meter dengan panjang 50 meter.

"Saya berharap, upaya tersebut bisa selesai sesuai target, sehingga kepadatan arus wisatawan pada akhir tahun bisa diurai dengan baik oleh pihak terkait," katanya.

Pemerintah Kota Batu menargetkan kunjungan wisatawan pada 2023 mengalami peningkatan signifikan dan mencapai sepuluh juta orang, setelah pada tahun sebelumnya tercatat ada sebanyak 7,4 juta wisatawan berkunjung ke wilayah tersebut.

Saat ini, tercatat hingga Oktober 2023, jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batu sudah mencapai tujuh juta orang, dan diharapkan akan terus mengalami peningkatan seiring menjelang datangnya akhir tahun dan musim libur panjang.


Baca juga: Balai Besar TNBTS catat kunjungan wisatawan ke Bromo mulai pulih
Baca juga: Kemenparekraf siapkan langkah dongkrak kunjungan wisatawan ke Bromo
Baca juga: Kemenparekraf kuatkan sinergi antara desa wisata tingkatkan ekonomi


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023