Seluruh kinerja operasional dan efisiensi terus dipastikan berjalan sesuai target
Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), selaku Subholding Gas PT Pertamina (Persero), meraih enam penghargaan Loss Control Summit 2023 sebagai bukti keandalan perseroan dalam pengelolaan gas losses.

SVP Logistics Integration & Optimization Pertamina Arif Kurnia Risdianto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengatakan penghargaan tersebut menunjukkan bahwa dalam mengalirkan gas bumi dari pemasok kepada pelanggan, realisasi jumlah volume dan keamanannya telah sesuai standar.

Pencapaian PGN sepanjang Januari-September 2023 telah melebihi target yang ditetapkan, sehingga mendapatkan apresiasi dari Pertamina melalui ajang Loss Control Summit 2023.

Menurut Arif, ajang tersebut merupakan wujud apresiasi Pertamina kepada seluruh subholding karena telah bekerja sama dalam mengendalikan angka supply loss dan mengupayakan efisiensi operasi guna menjaga kinerja operasional di seluruh lini operasi Pertamina.

"Seluruh kinerja operasional dan efisiensi terus dipastikan berjalan sesuai target untuk tercapainya operational excellence di seluruh subholding," katanya.

PGN berkomitmen untuk mendorong operational excellence dalam rangka mencapai target niaga gas, transportasi gas, liquified natural gas (LNG) dan infrastruktur gas.

Oleh karena itu, PGN memberikan dukungan penuh atas penyelenggaraan Loss Control Summit 2023.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dalam pengendalian kinerja operasional dan mengendalikan UAG atau discrepancy di seluruh wilayah operasi subholding gas," ucap Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama.

Ia berharap melalui ajang itu dapat menjadi motivasi seluruh subholding untuk terus menjaga kinerja operasionalnya.

Rachmat melanjutkan terjaganya angka gas losses menunjukkan bahwa penyaluran gas bumi kepada pelanggan di berbagai sektor tetap terjaga keandalannya.

Di sisi lain, PGN turut berkontribusi terhadap penurunan emisi karbon yang sejalan dengan komitmen Pertamina dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) 2060.

Gas Losses merupakan perbandingan atas total selisih gas yang keluar terhadap total gas yang masuk.

Dalam perhitungannya, dimungkinkan terdapat selisih, karena adanya pemanfaatan gas bumi untuk pengoperasian infrastruktur atau keandalan dalam pengoperasian supaya berjalan baik dan aman. Semakin kecil nilai parameter yang diperoleh, maka semakin baik keandalan operasinya.

Adapun penghargaan yang diperoleh PGN dalam Loss Control Summit 2023 adalah:

Kategori Performance Gas Losses Management Terbaik Bidang Transmisi Gas Bumi diraih Operation East Java Area, TGI Grissik-Singapore, dan Operation South Sumatera Area.

Penghargaan diberikan kepada Transporter Gas Bumi yang telah mengelola UAG/Discrepancy dengan baik sepanjang 2023 di subholding gas.

Kemudian, kategori Performance Gas Losses Management Terbaik Bidang Distribusi Gas Bumi diraih Sales and Operations Region (SOR) II, SOR I, dan SOR III.

Penghargaan diberikan kepada pengelola jaringan dan fasilitas distribusi gas yang mengelola UAG/discrepancy dengan baik sepanjang 2023 di subholding gas.

Kategori Performance Gas Losses Management Terbaik Bidang Jaringan Gas Rumah Tangga diraih Jaringan Gas Banyuasin, Jaringan Gas Pasuruan, dan Jaringan Gas Cirebon.

Penghargaan diberikan kepada pengelola jaringan dan fasilitas gas rumah tangga yang mengelola UAG dengan baik sepanjang 2023 di subholding gas.

Kategori Performance Gas Losses Management Terbaik di Bidang Beyond Pipeline untuk PGN LNG Indonesia, Perta Arun Gas, dan Gagas Energi Indonesia Lampung.

Penghargaan diberikan kepada pengelola beyond pipeline yang telah mengendalikan gas losses dengan baik sepanjang 2023 di subholding gas.

Selanjutnya, kategori Best Effort Pengendalian Gas Losses diberikan kepada unit kerja yang telah memberikan upaya terbaik dalam pengendalian dan perbaikan nilai UAG sepanjang 2023 di subholding gas.

Penghargaan tersebut diraih Jaringan Gas Lampung, Operation Central Sumatra Area, dan Jaringan Gas Semarang.

Terakhir, para perwira Subholding Gas Pertamina, Suharmat, Muhammad Fahmi Susanto, dan Nurhadi Sujatmotoko meraih penghargaan dalam kategori Insan Serah Terima Energi Terbaik Tahun 2023.

Penghargaan diberikan kepada insan serah terima energi yang secara efektif berperan dalam mengupayakan pengendalian gas losses di lingkungan subholding gas.


Baca juga: PGN tetapkan komisaris dan direksi baru lewat RUPSLB
Baca juga: PGN Subholding Gas Pertamina catat laba bersih 198,5 juta dolar AS
Baca juga: PGN berpotensi sumbang penurunan gas rumah kaca 23 persen

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023