Jakarta (ANTARA) - Klub Liga Champions Union Berlin berpisah dengan pelatih Urs Fischer menyusul sembilan kekalahan beruntun di Bundesliga yang membuat mereka berada di posisi buncit klasemen.

“1. FC Union Berlin dan kepala pelatih mereka Urs Fischer akan segera berpisah. Keputusan bersama telah diambil oleh Presiden Union Berlin Dirk Zingler dan Fischer secara langsung pada sebuah pertemuan pada Senin siang,” kata otoritas  klub tersebut seperti dkutip dari Reuters, Rabu,

Kiprah Union Berlin di Liga Jerman musim ini jelas sangat buruk dibanding musim lalu.  Die Eisernenfinis di posisi keempat pada musim lalu untuk mendapatkan tempat di penyisihan grup Liga Champions pertama mereka.
 
Fischer akan meninggalkan klub bersama dengan asisten pelatih Markus Hoffmann. Pelatih Union Berlin U-19 Marco Grote akan menjadi pelatih sementara hingga pemberitahuan lebih lanjut.
 
Presiden Union Berlin Dirk Zingler menyampaikan bahwa Fischer telah membuka banyak peluang bagi klub, namun kini adalah waktunya berpisah.
 
“Selama lima setengah tahun kami bekerja bersama, kami telah memiliki rasa hormat dan saling percaya yang memungkinkan kami untuk bertukar ide secara terbuka dan jujur. Bersama, kini kami memutuskan bahwa sudah waktunya mengambil jalan yang berbeda,” kata dia.
 
“Sungguh menyedihkan bahwa kami tidak berhasil memutus tren negatif dalam beberapa pekan terakhir. Saya bersyukur dan bangga ketika mengingat kembali waktu-waktu yang telah kita lewati dan keberhasilan-keberhasilan yang kita rayakan bersama,” katanya.
 
Sementara itu, Fischer mengatakan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk membuat perubahan dan berterima kasih untuk waktunya selama di klub.
 
“Kami telah mencoba banyak hal dan tim telah berupaya keras, namun belum membuahkan hasil. Saya sangat berterima kasih atas kepercayaan diri yang selalu saya rasakan di sini,” ujar dia.
 
“Meski begitu, rasanya tepat untuk melakukan perubahan sekarang. Terkadang dengan wajah baru, dengan cara yang berbeda untuk melatih membantu untuk memantik perkembangan,” katanya menambahkan.
 
Fischer menjadi Kepala Pelatih 1. FC Union Berlin pada tanggal 1 Juli 2018 dan membawa klub tersebut mendapatkan promosi Bundesliga pertama mereka pada tahun berikutnya.
 
Dalam tiga musim berikutnya, Fischer memimpin tim untuk finis di posisi ketujuh, kelima, dan keempat, lolos untuk Liga Konferensi UEFA, Liga Eropa, dan pada akhirnya kompetisi Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.
 
Atas capaiannya, ia tercatat sebagai pelatih tersukses dalam sejarah Union Berlin. Dia bahkan terpilih sebagai “Pelatih Terbaik Tahun Ini” pada musim panas tahun 2023 oleh berbagai majalah sepak bola, pemain, serta rekan-rekan pelatihnya.
 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023