setiap Polres 1 juta pohon, sehingga kita harapkan ada 29 juta pohon
Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengajak semua pihak ikut andil untuk menyukseskan Penanaman 10 Juta Pohon yang diinisiasi Kementerian Koordinator (Kemenko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan Polri.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mengurangi risiko pemanasan global dan perubahan iklim. Untuk itu, saya mengajak semua pihak ikut menyukseskan kegiatan penyelamatan lingkungan ini," ujar Hassanudin usai menanam pohon pada kegiatan Penanaman 10 Juta Pohon, di Medan, Rabu.

Hassanudin mengatakan pihaknya sangat mendukung penuh kegiatan tersebut karena sangat bermanfaat kepada generasi penerus.

"Kita akan dukung penuh kegiatan ini dan ikut mengimplementasikannya, begitu juga masyarakat karena ini demi generasi saat ini dan generasi berikutnya," kata Hassanudin.

Baca juga: Menko PMK dan Kapolri luncurkan penanaman 10 juta pohon di Madiun
Baca juga: Pupuk Kaltim salurkan sarana ke Kostrad, dukung tanam 10 juta pohon


Selain terkait pemanasan global, kegiatan ini juga diharapkan akan mencegah bencana alam. Apalagi, menurut dia, Sumut merupakan salah satu daerah yang rawan bencana. 

“Bila dilakukan secara menyeluruh, risiko bencana alam di Sumut mudah-mudahan berkurang, jadi ayo sama-sama kita jaga lingkungan kita, ini untuk kita bersama,” kata Hassanudin.

Pada kesempatan yang sama Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan, pihaknya menargetkan penanaman 29 juta pohon. Masing-masing Polres diharapkan menanam 1 juta pohon untuk membantu mencapai target 100 juta pohon.

“Setiap Polres 1 juta pohon, sehingga kita harapkan ada 29 juta pohon. Ini terus berlangsung Polres sudah melaksanakan sejak 1 November lalu,” ujar irjen Pol. Agung Setya Imam Efendi.

Baca juga: Menko PMK gencarkan penanaman 10 juta pohon untuk mitigasi bencana
Baca juga: Kemenko PMK gandeng Unhas tanam 10 juta pohon


Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan target program ini adalah 100 juta pohon, namun baru terealisasi 5 juta pohon sejak Mei lalu. Bekerja sama dengan Polri, dia berharap target tersebut terealisasi dengan cepat.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pak Kapolri yang sudah memprakarasai penanaman 10 juta bibit pohon serentak saat ini, kita harap target kita bisa tercapai segera,” kata Muhadjir Effendy, secara virtual dari Madiun, Jawa Timur.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengatakan program ini merupakan keharusan di tengah isu pemanasan global. Perubahan iklim yang cukup signifikan akan meningkatkan risiko bencana alam.

“Pemanasan global saat ini membuat kita mau tidak mau, bersama-sama dengan masyarakat, harus menghadapi dan memikirkan bagaimana mengatasi masalah tersebut dan ini salah satu caranya,” kata Listyo Sigit secara virtual dari Madiun, Jawa Timur.

Baca juga: Pemerintah tanam 10 juta pohon untuk kurangi risiko bencana
Baca juga: Perempuan Indonesia Tanam 10 Juta Pohon

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023