Sudah meningkat di angka 80 persen okupansi hotel di kawasan Danau Toba
Medan (ANTARA) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara mengungkapkan okupansi hotel di kawasan Danau Toba naik menjadi 80 persen menjelang Aquabike Jetski World Championship 2023.

"Sudah meningkat di angka 80 persen okupansi hotel di kawasan Danau Toba," ujar ketua PHRI Sumatera Utara Denny S Wardhana, di Medan, Kamis.

Menurut dia, okupansi di Kabupaten seperti Samosir, Karo, Dairi, dan Toba itu diperkirakan akan penuh ketika kejuaraan dunia itu berlangsung.

Ditambah dengan adanya kejuaraan Asia Pacific Rally Championship (APRC) grand final di kawasan Danau Toba pada 24-26 November 2023.

"Bisa jadi, hotel penuh pada kejuaraan dimulai . Tapi, wisatawan yang tidak dapat menginap di hotel, bisa diganti dengan penginapan di rumah warga maupun 'guest house'," ucap Denny.

Ia mengatakan ajang nasional maupun internasional di tempat pariwisata di Sumut tentu meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara, secara otomatis meningkatnya okupansi hotel.

Baca juga: Pemkab Karo gelar agenda tambahan untuk memeriahkan Aquabike 2023

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan dalam ajang "sport tourism" atau wisata olahraga ini diproyeksikan mampu mendongkrak pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 80 persen dari target 1,2-1,4 miliar pergerakan, serta 20 persen kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari target 7,4 juta kunjungan.

Sementara proyeksi dana yang dikeluarkan pengunjung saat menghadiri ajang yang digelar pada 22-26 November ini diperkirakan wisatawan domestik bakal menggelontorkan dana sekitar Rp2-5 juta.

“Sementara wisman (mengeluarkan dana) sekitar 1.500 dolar AS per pax atau per kunjungan. Ini untuk capaian devisa yang bisa tercapai 10-15 miliar dolar AS,” ujar Sandiaga.

Menparekraf merekomendasikan kepada wisatawan yang ke wilayah Toba dan sekitarnya untuk menjajal kuliner khas seperti ombus-ombus, arsik ikan mas hingga naniura yang kaya rempah khas tanah Batak.

Berkolaborasi dengan pemerintah pusat dan daerah, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung yang merupakan penyelenggara kejuaraan mengharapkan Aquabike Jetski World Championship tak hanya menjadi pesta olahraga tetapi juga menjadi pesta bagi masyarakat sekitar dan pengunjung.

Baca juga: Jaringan hotel BUMN pastikan kesiapan sambut Aquabike Jetski di Toba

Baca juga: Injourney pastikan kelancaran logistik pendukung Aquabike Jetski 2023

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023