San Francisco (ANTARA) - Pertemuan Tingkat Menteri APEC (APEC Ministerial Meeting/AMM) 2023 berakhir pada Rabu (15/11) dengan para anggota terus berupaya mencapai sebuah pernyataan konsensus.

Para anggota APEC telah mencapai konsensus pada hampir semua paragraf, sementara upaya-upaya lanjutan terus dilakukan untuk merampungkan pernyataan tersebut, ujar Perwakilan Dagang Amerika Serikat (AS) Katherine Tai, yang memimpin pertemuan selama dua hari itu bersama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

"Konsisten dengan pendekatan yang dilakukan pada tahun lalu di Bangkok, saya telah menginstruksikan tim saya untuk terus bekerja sama dengan para pejabat Anda guna mencapai konsensus mengenai teks AMM, dengan tujuan untuk merilis pernyataan AMM setelah para pemimpin kita mencapai konsensus terkait teks yang belum terselesaikan," ujar Tai dalam sesi penutupan pertemuan tersebut pada Rabu sore waktu setempat.

Paragraf konsensus tersebut mencerminkan komitmen bersama APEC terhadap agenda yang kuat di semua tujuan bersama guna membangun masa depan Asia-Pasifik yang saling terhubung, inklusif, berkelanjutan, dan tangguh, tambah Tai.
 
Para delegasi menghadiri Sesi Penutupan Pertemuan Tingkat Menteri APEC di San Francisco, Amerika Serikat, pada Rabu (15/11/2023. (Xinhua/Li Rui)

Para pemimpin anggota APEC dijadwalkan berpartisipasi dalam berbagai dialog dan kegiatan di San Francisco dari Rabu hingga Jumat (17/11).

Sementara itu, AS juga mulai menyerahkan tanggung jawab sebagai tuan rumah APEC kepada Peru.

Menteri Luar Negeri Peru Javier Gonzalez-Olaechea mengatakan bahwa Peru akan terus melangkah maju dengan semua pencapaian tahun ini untuk memberdayakan lebih banyak populasi yang rentan, khususnya perempuan, kaum muda, serta usaha kecil dan menengah.

"Kami akan berupaya mendorong proposal-proposal agar dapat mengikutsertakan mereka dalam ekonomi global kita dengan cara yang berkelanjutan dan inklusif," ujar Gonzalez-Olaechea.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023